VOXRohul

Rohul DIlanda Banjir, Sejumlah Warga Diungsikan

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 25 Desember 2021 16:07 WIB
Upaya evakuasi warga oleh tim BPBD Rohul

PEKANBARU (VOXindonews) - Hujan lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Rokan Hulu, Riau, telah menyebabkan banjir di sejumlah desa, khususnya di Kecamatan Rambah. Warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu. Sabtu (25/12) menyebutkan wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Rambah, adalah Kelurahan Pasir Pangaraian, Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Rambah Tengah Barat, Desa Pematang Berangan, Desa. Babussalam, dan Desa Koto Tinggi. 

Dilaporkan, curah hujan yang tinggi mengakibatkan meluapnya air sungai. Ketinggian air mencapai 100 cm sampai 200 cm di pemukiman warga. 

Di Desa Rambah Tengah Barat,  ketinggian air mencapai 60 cm sampai 90 cm, sedangkan di pemukiman Kelurahan Pasir Pangaraian ketinggian air mencapai 60 cm s.d 90 cm. 

Saat ini, tim gabungan melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman. Tim gabungan menghimbau kepada warga terdampak untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Dari video yang diunggah warga di FB, banjir telah mencapai setinggi lutut dewasa. Deretan ruko di Pasir Pengaraian terendam. Pemilik ruko memindahkan bagang-barang dan menyelamatkan orang-orang tua.

Menurut Desmi Yanti, banjir pagi tadi juga melanda Dusun Nogori Desa Babussalam,  Rambah,  tepatnya Jalan Lintas Diponegoro. Sejak pagi banjirnya cepat naik,  dan masuk ke Ruko

Tim gabungan yang terdiri dari Petugas Kalaksa, Kabid Kedaruratan, Kasubbid Penyelamatan dan evakuasi beserta Staf BPBD Prov. Riau memberikan bantuan sembako berupa 100 pcs Goodie Bag, 100 box Mie, 200 Bks Minyak Goreng, 200 Bks Gula dan 200 Klg Sarden kepada warga terdampak. 

Informasi Cuaca (BMKG), cuaca di Daerah Provinsi Riau hari ini, angin lapisan 10.000 Ft bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 05–15 Knot (09 – 27 km/jam). 

Berdasarkan analisis streamline, kondisi fisis serta dinamis atmosfer, pada umumnya cuaca di Wilayah Riau cerah berawan sampai  berawan. 

Potensi hujan dengan intensitas ringan, sedang terjadi di sebagian wilayah Riau bagian Barat, Selatan, Tengah dan Pesisir TImur pada pagi dan sore/malam hari. (FJ)