VOXRiau

Silaturrahmi dengan Pengurus SMSI Riau, Gubernur Syamsuar : Peran Media Siber Sangat Membantu

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 25 April 2022 04:48 WIB
Gubernur Riau Syamsuar silaturrahmi dengan Pengurus SMSI Riau

PEKANBARU (VOXindonews) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan pentingnya peran media bagi pemerintah. Keberadaannya sangat membantu dalam penyebaran informasi ke masyarakat, begitupun sebaliknya.

“Tentunya saat ini media siber ini memang sangat perlu dengan kemajuan media online pada saat ini,” kata Gubri Syamsuar pada kegiatan silaturrahmi dengan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau di Hotel Alpha, Pekanbaru, Ahad (24/4/2022). 

Acara itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Namun Gubernur Riau Syamsuar tak ikut karena ada acara lain. Acara ini juga dihadiri Kadis Kominfotik Riau Erisman Yahya dan Ketua Penasehat SMSI RIau Zulmansyah Sekedang. 

Menurutnya, hadirnya media online atau media siber membuat masyarakat mampu memperoleh informasi secara cepat. Meski demikian, Gubri juga mengingatkan kepada media untuk tetap mengutamakan profesionalitas sesuai aturan yang berlaku.

“Sebab bagaimanapun, kami dari unsur pemerintah kadang-kadang sulit membedakan mana yang memenuhi persyaratan, mana yang tidak,” ucapnya.

Melalui kesempatan tersebut, Gubri berharap dukungan dari SMSI Provinsi Riau untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menyampaikan berita dan informasi yang benar kepada masyarakat. 

"Sehingga tentunya dapat membantu tugas kami selaku pemerintah yang perlu nantinya mendapatkan dukungan media untuk disampaikan kepada khalayak ramai," harapnya. 

Apalagi, lanjut Gubri saat ini kebiasaan masyarakat sudah berubah. Dari awalnya membaca atau mendapatkan berita dan informasi dari surat kabar dan televisi, sekarang berubah dengan media online. 

Ketua SMSI Provinsi Riau Novrizon Burman menerangkan, SMSI Riau bersama asosiasi media di Provinsi Riau, seperti Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) merupakan organisasi media yang sudah terverifikasi oleh dewan pers.

“Jadi mungkin seperti tahun kemarin, kita tetap membackup Pak Gubernur terutama dalam hal menegakkan ekosistem media yang baik di Riau,” ujarnya.

Selanjutnya, Novrizon menyampaikan bahwa pada tanggal 23 Mei mendatang, akan dilakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Serikat Media Siber Indonesia di Yogyakarta. Ia berharap Gubernur Riau dapat menjadi pembicara atau keynote speaker bersama Kapolda Riau dan didampingi Kadis Kominfotik Riau.  "Mudah-mudahan Pak Gub bisa berkenan hadir," tutupnya. 

Dalam kegiatan Silaturrahmi ini, Gubri Syamsuar juga menyerahkan dana hibah kepada Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau. (FJ)