VOXPolitic

Survei Charta Politica : Elektabilitas Ganjar Tertinggi, Tinggalkan Prabowo dan Anies

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 26 April 2022 07:08 WIB
Ganjar Pranowo menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Jawa Tengah

JAKARTA (VOXindonews) -- Hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi teratas sebagai tokoh politik dengan elektabilitas tertinggi meninggalkan sejumlah nama lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi pemilihan presiden dengan 10 tokoh politik potensial, Ganjar unggul dengan elektabilitas mencapai 29,2 persen atau hampir menyentuh angka 30 persen. Sedangkan Prabowo berada di posisi kedua dengan 23 persen, disusul Anies Baswedan dengan 20,2 persen.

"Mas Ganjar ada di posisi pertama dengan 29,2 persen, hampir menyentuh angka 30 persen. Prabowo Subianto dengan 23 persen, Anies Baswedan dengan 20,2 persen," Kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparannya, Senin (25/4) seperti dikutip CNN Indonesia.

Sementara itu di posisi keempat ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan 4,9 persen, lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 4,8 persen.

Kemudian di posisi kelima hingga ke-10, masing-masing ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,4 persen;Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 3,3 persen; Ketua DPR Puan Maharani dengan 1,8 persen.

Di posisi kedelapan Menteri BUMN Erick Thohir dengan 1,5 persen; dan terakhir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan 1,0 persen.

Survei Charta Politika dilakukan selama sepekan pada 10-17 April terhadap 1.220 responden yang dipilih dengan acak, dan diolah menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling.

Dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, margin of error sekitar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Nama Ganjar, Anies, dan Prabowo bersaing ketat dalam survei capres 2024 yang dirilis sejumlah lembaga.

Sementara, hasil survei lembaga riset Survey dan Polling Indonesia (SPIN) yang dirilis pada 13 April mencatat elektabilitas Prabowo lebih tinggi dari Ganjar dan Anies.

Berdasarkan survei itu, elektabilitas Prabowo mencapai 26,5 persen. Di bawah Prabowo terdapat nama Ganjar Pranowo dengan 17,2n persen dan Anies 13,9 persen.

Survei SPIN digelar pada tanggal 28 Maret-7 April 2022 melalui wawancara langsung dengan bantuan kuesioner terhadap 1.230 responden yang berusia minimal 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan metode multi-stage random, tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen, serta kontrol kualitas 10 persen dari sampel. (FJ)