VOXSport

Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Dunia

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 06 Mei 2022 15:50 WIB
Rizki Juniansyah pecahkan rekor dunia

JAKARTA (VOXindonews) - Setelah sebelumnya lifter putri atas nama Windy Cantika Aisah yang juara dunia dan merebut 3 medali emas, kini lifter putra Rizki Juniansyah sukses menjadi juara dunia untuk kelas 73 kg pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 atau IWF Junior World Championship yang berlangsung di Heraklios, Yunani. Pada Jumat, 6 Mei 2022.

Rizki pun sama menyabet 3 medali emas, bahkan bukan hanya meraih gelar juara dunia, lifter asal Banten itu pun berhasil mempertajam rekor dunia pada angkatan snatch atas namanya sendiri. Pada kejuaraan dunia junior tahun lalu di Uzbekistan angkatan snatch Rizki mencapai 155 kg, kini menjadi 156 kg.

Sedangkan di angkatan clean and jerk, Rizki juga berhasil mengungguli lawan-lawannya dengan angkatan tertinggi yakni 185 kg. Total angkatan Rizki adalah 341 kg. Jauh ungguli rivalnya, yakni lifter Kazakhstan, Alexey Churkin yang meraih perak dengan angkatan snatch seberat 146 kg, 183 kg clean and jerk, serta total angkatan 329 kg. Maupun lifter Amerika Serikat, Henry Ryan Grimsland dengan angkatan snatch seberat 145 kg, angkatan clean and jerk 182 kg, dan total 327 kg.

Keberhasilan di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 ini menjadi modal bagus Rizki untuk merebut medali emas di SEA Games 2021 yang akan dimulai pertengahn Mei ini. Namun kemungkinan Rizki akan naik kelas di ajang SEA Games nanti. Mengingat, Rizki dan Rahmat Erwin Abdullah berada di kelas yang sama. Tidak mungkin, Rizki dan Rahmat bertarung di kelas yang sama.

Selamat ya Rizki, sampai ketemu di SEA Games esok di Vietnam.(FJ/Wahyu Sutono)