VOXEconomy

Hari Pertama Mendag Langsung Sidak Pasar, Zulhas : Ini Lebih Penting daripada Rapat

Redaktur : Fendri Jaswir
Kamis, 16 Juni 2022 13:07 WIB
Hari pertama menjabat Mendag, Zulkifli Hasan langsung sidak pasar

JAKARTA (VOXindonews) - Hari pertama menjalankan tugas sebagai Menteri Perdagangan, Kamis (16/6/2022), Zulkifli Hasan langsung inspeksi mendadak (sidak) ke pasar. Tujuannya untuk mengecek harga-harga bahan pokok dan mendengarkan langsung keluh kesah para pedagang dan pembeli.

''Buat saya, sebelum rapat-rapat, saat ini justru ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang, masyarakat pembeli, harga-harga bahan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat,'' ujar Zulhas melalui akun medsosnya.

Menurut Zulhas, Kementerian Perdagangan harus menjadi yang paling depan mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. Atur regulasinya supaya adil. Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, saling memberikan maslahat satu sama lain. Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia.

''Kita perlu mulai bicara prinsip keadilan perdagangan. Bukan sekadar berpikir ekonomi, untung-rugi, angka-angka. Di negara-negara maju, kurang banyak apa ahli ekonomi, ahli perdagangan, tetapi tetap tetap menghadapi masalah ekonomi, termasuk inflasi yang tinggi. Karena melupakan prinsip keadilan. Indonesia ini harus mengedepankan prinsip keadilan, orientasinya untuk kesejahteraan rakyat, pemerataan,'' paparnya.

''Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang bahagia. Pembeli bahagia. Adil. Saling memberikan kebaikan satu sama lain,'' ujar Ketua Umum PAN itu. (FJ)