VOXBengkalis

Hadiri Peringatan HANI 2022, Bagus : Agama dan Keluarga Kunci Pencegahan Narkoba

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 27 Juni 2022 14:37 WIB
Bagus Santoso (tengah) bersama Wagub Edy Natar Nasution (kanan)

PEKANBARU (VOXindonews) - Wakil Bupati  Bengkalis H Bagus Santoso melaksanakan tugas Bupati Kasmarni menghadiri acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Senin, 27 Juni 2022 di Balai Serindit Aula Gubernuran Pekanbaru.

Hari Anti Narkotika Internasional yang diperingati setiap 26 Juni merupakan hari Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam menentang penyalahgunaan obat-obatan dan perdagangan obat-obatan secara ilegal.

Adapun tema Hari Narkotika tahun 2022 yakni Kerja Cepat, Kerja Hebat Berantas Narkoba di Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya dengan tegas mengajak seluruh elemen bangsa terutama BNN untuk melawan Narkoba secara terbuka serta tidak main - main.

“BNN bertanggung jawab atas komitmen ini, jangan ada yang main main, saya tidak alan mentolelir jika ada petugas BNN malah ikut terlibat,” tegas Jokowi.

Wakil Bupati Bagus Santoso usai acara peringatan HANI secara virtual mengatakan peran agama dan keluarga sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba).

Agama dan Keluarga menjadi benteng keyakinan dan pertahanan ampuh dari serangan peredaraan narkoba.

"Dengan semakin maraknya peredaran narkoba, dan semakin canggihnya alat komunikasi, membuat para bandar dan pengedar dengan mudah dapat mendistribusikannya hanya melalui ponsel," kata Wabup Bagus.

Bagus juga menambahkan orang tua harus selalu waspada dan membekali pengetahuan tentang bahaya dan resikonya, baik bagi kesehatan maupun hukum kepada anggota keluarga khususnya masa rentan usia remaja.

"Kita semua berharap agar generasi muda mengerti akan bahaya narkoba, sehingga dapat menghindari bujuk rayu para pengedar narkoba," ujarnya.

Masih kata Wabup, Peringatan HANI dilakukan akan membentuk keprihatinan dunia dan sebagai upaya bersama memperkuat aksi dan kerjasama global melawan para mafia narkoba.

Pada kesempatan itu juga, turut diluncurkan Desa Bersinar yang telah ditetapkan Badan Narkotika Nasional oleh Wakil Gubernur Riau H Eddy Natar Nasution.

Sebuah prestasi dalam memerangi narkoba desa Simpang Padang Kecamatan Batin Solapan Kabupaten Bengkalis berhasil meraih predikat pertama desa bersinar se Riau.

Hadir dari Pemkab Bengkalis, Camat Batin Solapan Aulia Army Effendi, Sekretaris Dinas Kesehatan Imam Subchi, dan Kepala Desa Simpang Padang. (FJ/Rls)