VOXPolitic

Nama Erick Thohir Bergema di Rakerwil PAN Riau sebagai Calon Presiden

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 05 Agustus 2022 20:30 WIB
Ketua DPW PAN Riau Alfedri mendeklarasikan calon presiden pada Rakerwil II PAN Riau

PEKANBARU (VOXindonews) - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau merekomendasikan Erick Thohir sebagai calon Presiden/Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024 nanti. Nama Menteri BUMN itu paling banyak dicalonkan dibandingkan lima calon lainnya.

Selain Erick Thohir, Rakerwil PAN Riau juga merekomendasikan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai calon presiden/wakil presiden RI.

''Kita merekap hasil Rakerda dari kabupaten/kota. Nama Erick Thohir paling banyak direkomendasikan dari 12 kabupaten/kota. Disusul Zulkifli Hasan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno,'' ujar Ketua DPW PAN Riau Alfedri ketika menutup Rakerwil tersebut, Jum'at (5/8/2022) petang.

Usai menutup Rakerwil, Alfedri didampingi seluruh pengurus DPW PAN Riau dan DPD PAN se Riau, mendeklarasikan nama-nama tersebut. Lalu Bupati Siak itu meneriakkan yel-yel. ''Kader,'' dijawab ''Siap''. ''PAN'' dijawab ''Menang''. ''Erick Thohir'', dijawab ratusan kader   ''Presiden''.

Selanjutnya Alfedri menyerahkan nama-nama calon presiden/wakil presiden itu kepada Pembina Wilayah (Panwil) PAN Provinsi Riau Fendri Jaswir. Nama-nama ini akan dibawa ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang akan dilaksanakan 26 Agustus mendatang. Nanti Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan yang akan memutuskan calonnya.

''Kita berharap dan berdoa semoga calon presiden/wakil presiden yang diusung PAN bersama Koalisi Indonesia Bersatu terpilih sebagai presiden/wakil presiden nanti. Insya Allah,'' ujarnya.

Selain membahas calon presiden/wakil presiden, Rakerwil PAN Riau juga membahas verifikasi partai, saksi dan pencalegan. Untuk verifikasi administrasi, PAN Riau telah siap sampai ke DPC (kecamatan). Sedangkan saksi sudah terisi hampir 50 persen dari dua orang saksi per TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Sementara untuk caleg, kata Alfedri, sudah dilakukan pencalegan dini. Hampir semua caleg DPR RI dan DPRD Provinsi Riau sudah terisi. Namun mereka masih mencari tokoh-tokoh potensial untuk dicalonkan. Begitu pula untuk DPRD kabupaten/kota.(FJ)