VOXRiau

Reuni Akbar dan Mubes V IKA Faperta UIR, Alumni Dapat Berkoordinasi di Kabupaten/Kota Masing-masing

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 13 Agustus 2022 06:32 WIB
Rapat panitia reuni akbar dan mubes V IKA Faperta UIR Jum'at (12/8/2022)2

PEKANBARU  (VOXindonews) -  Reuni Akbar dan Musyawarah Besar (Mubes) V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR), akan digelar 11-13 November 2022 mendatang, bersempena Milad ke-45 Faperta UIR. Panitia telah membentuk semua perwakilan di kabupaten/kota.

Dalam rapat panitia Reuni Akbar dan Mubes V IKA Faperta UIR  di ruang pertemuan Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Jum'at (12/8/2022), Ketua IKA Faperta UIR Herman menjelaskan perwakilan alumni di setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau. Bahkan sampai ke Provinsi Kepulauan Riau.

''Untuk mempermudah koordinasi, para alumni yang berada di kabupaten/kota atau luar provinsi dapat menghubungi koordinator mereka,'' ujar Herman sambil merinci sejumlah nama koordinator alumni Faperta UIR di kabupaten/kota dan Kepulauan Riau.

Rapat itu dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli yang juga alumni Faperta UIR, Herdison, senior di Bappeda Riau, dan Embung Megasari, widyaswara utama Pemprov Riau dan alumni lainnya.

Sebelumnya telah terbentuk kepanitiaan yang diketuai Ujang Paman Ismail, Jakfar sebagai sekretaris dan Desmidawati sebagai bendahara. Sedangkan panitia pengarah diketuai Fendri Jaswir dengan sekretaris Misrawansyah. Semua seksi-seksi sudah terbentuk.

Ketua IKA Faperta UIR Herman berharap panitia bisa bekerja lebih maksimal ke depannya. Terutama dalam sosialisasi Reuni Akbar dan Mubes V IKA Faperta UIR. ''Sosialisasi harus maksimal agar banyak kawan-kawan yang datang,'' harapnya.

Zulfadli membandingkan dengan reuni SPMA Riau yang baru saja terlaksana di Bangkinang, Kampar. Lebih 600 orang hadir dari semua angkatan. Bahkan dari Jakarta dan kota-kota lain. ''Kita kalau dapat seperti itu, banyak yang hadir,'' kata Kadis Perkebunan Riau ini bersemangat.

Seperti diberitakan sebelumnya,  rangkaian acara Reuni Akbar dan Mubes V IKA Faperta UIR adalah tanggal 11 November 2022 penyerahan Al Qur'an dari sumbangan alumni kepada Tahfidz. Tanggal 12 November 2022 puncak Milad ke 45 Faperta UIR diisi antara lain seminar dari tiga jurusan di  Faperta yakni Agroteknologi Pertanian,  Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis dan Perikanan/budidaya perairan.

Sedangkan hari terakhir, 13 November 2022 dilaksanakan Reuni Akbar dan Mubes IKA Faperta UIR. ''Acara sepertinya sudah disepakati di kampus Faperta UIR, sehingga para alumni merasakan suasana kehidupan di kampus waktu kuliah dulu,'' ujar Herman.

Herman menghimbau para alumni Faperta UIR, baik yang tamat Diploma III maupun S1, untuk mendaftarkan diri kepada koordinator angkatan masing-masing, baik di Pekanbaru maupun di daerah. ''Kita targetkan 1000 alumni Faperta UIR akan berkumpul dalam Reuni Akbar dan Mubes IKA Faperta UIR tahun ini,'' katanya bersemangat.

Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR) didirikan pada tahun 1977, dengan mengembangkan tiga jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian/Program Studi Agroteknologi, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Program Studi Agribisnis dan Jurusan Perikanan/Program Studi Budidaya Perairan.

Menurut Basriman, alumni S1 Faperta UIR diwisuda pertama kali pada tahun 1986 sebanyak delapan orang. ''Saya termasuk yang diwisuda S1 pada tahun 1986. Ini wisuda sarjana pertama di Faperta UIR,'' ujarnya. (FJ)