VOXOpini

Do'a untuk Si Sulungku Annisa Hasanah Apendi

Oleh : Dr. Apendi Arsyad, Dosen, Konsultan dan Penggiat Sosial
Kamis, 22 September 2022 06:33 WIB
Annisa Hasanah siap berangkat ke Jepang

Bismillahir Rahmanir Rahiem

InsyaAllah, pada hari Kamis  pagi ini tgl 22 September 2022, tepatnya pukul.7.55 wib, anakku yang Sulung Annisa Hasanah binti Apendi Arsyad, akan kembali (terbang) ke negeri Sakura Jepang, menumpang pesawat Japan Airline, menuju Tokyo Jepang dan transit sebentar di Singapura.

Ayah dan Mama, serta adik-adikmu mendoakan, semoga Allah SWT selalu melindungi dan menolong anakku, agar selamat dalam perjalanan, aman dan nyaman, serta menikmati dan berbahagia selalu. Aamiin-3 YRA.

Putri sulungku Annisa Hasanah, dipanggil sehari-hari Nisa, telah berada di Indonesia selama lk 3 minggu untuk melakukan tugas riset untuk penyelesaian tugas akademik penyusunan Disertasi Doktornya di Program Studi (prodi) "Environment Education" di Universitas Kyoto Jepang.

Sudah hampir lebih kurang 2 tahun Nisa berada dan belajar di Jepang, mengikuti program dan berbagai kegiatan perkuliahan di kampus Kyoto University, Japan. Bahkan bekerja sampingan di sekolah dikmen di Kyoto City untuk menambah "house income".

Anakku Nisa bisa kuliah program Pascasarjana di Kyoto University atas undangan Pemerintahan Jepang, dengan sponsorship Monbhuso- Kemendikbud Jepang, melalui seleksi yang amat ketat.

Harap maklum beasiswa Monbusho Jepang bersifat sangat kompetitif dan bergengsi, asalnya mahasiswanya dari berbagai negara di dunia. Lagi pula beasiswa tergolong agak lumayan "besar" untuk ukuran kebutuhan orang Indonesia, kelas menengah bawah.

Saya dan istriku sangat bersyukur kepada Allah SWT atas rezeki dan kesempatan belajar dari putriku ini, sehingga  Sulungku bisa melanjutkan studinya di salah satu Universitas terkemuka (exellence University) di negara maju dan modern Jepang.

Konon katanya, berdasarkan dari sejumlah informasi terpercaya bahwa Kyoto University adalah Perguruan Tinggi nomor wahid di Jepang, dengan fasilitas sarana-prasarana pendidikan yang sangat lengkap dan modern. Juga didukung dan dikelola dengan baik program-program studinya oleh para dosen/ akademisi, para guru besar (professor) yang handal dan mumpuni, bereputasi internasional.

Kyoto University memiliki profesor, yang banyak menerima hadiah Nobel, terutama penghargaan dan anugerahi "Nobel" versi Kemendikbudristek Jepang. Dengan istilah lain, kampus ini merupakan pendidikan tinggi terbaik dan berkualitas di negara industri maju Jepang.

Anakku Nisa adalah lulusan  Prodi sarjana/S1, Lanscafe Faperta IPB University, melanjutkan program magister/S2 pada prodi yang sama.
Kemudian selama berkuliah S2 di IPB University, Bogor, berkesempatan kuliah di Gottingen University German, selama satu tahun atau 2 semester, dimana sejumlah nilai-nilai mata kuliah yang diraih di Gottingen University, diakui dan dikonversi ke dalam Daftar Kelulusan Mata Kuliah di program Pascasarjana IPB University, karena ada kerjasama antara kedua kampus tersebut (IPB dan GU) dalam pengembangan program studi Lanscafe.

Saya ayahnya menduga bahwa pengalaman anakku kuliah di Jerman inilah, yang membawa manfaat, sehingga bisa membuka jejaring komunikasi dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

Selain itu putriku Nisa aktif mengembangkan dan mempromosikan karya inovasinya "Ecofunopoly" selama kuliah S1 di IPB University di media sosial, internet dan media massa. Alhamdulillah karya Annisa Hasanah terus berkembang menjadi produk-produk, yang akhirnya bisa diterima di pasar "online" (digital marketing) baik dalam dan luar negeri.

Kini karya Ecofunopoly telah mendapatkan berbagai penghargaan nasional dan bahkan internasional spt PBB, Bank Dunia, UNEV, Unesco, dll.

Untuk menjaga dan merawat karya-karya di rumahku yang mungil, sudah aku buat "Gallery Ecofunopoly", jika orang-orang tertarik dengan produk-produk edukasi tentang informasi apa, dan bagaimana serta sejarahnya Ecofunopoly bisa disimak dari tayangan gambar-gambar yang ada, walaupun sajiannya masih sederhana.

Kemungkinan besar dari promosi karya inovasi Ecofunopoly, Nisa mendapat appresiasi dan diundang Lembaga-Lembaga Internasional sebagai pembicara di forum seminar dan workshop internasional di China, Jerman, USA, Australia, Arab Saudi, Jepang, Thailand, Philipina, Pakistan, Banglades, etc sehingga bisa membuka dan mempercepat akses informasi dan komunikasi dengan beberapa profesor yang tertarik dengan karya pendidikan lingkungan tersebut, termasuk diantaranya profesor di Kyoto University.

Ecofunopoly adalah sejenis "board game" untuk anak-anak bisa bermain bersama seperti permainan kartu Monopoly, tetapi oleh Nisa telah dimodifikasi "board game"nya dengan konten edukasi lingkungan yang berbeda-beda, orientasinya dan fokus bagaimana membangun kesadaran lingkungan bagi anak-anak (generasi muda) millenial, agar menjaga dan melestarikan lingkungan. 

Kita semua tahu dan paham bahwa kehidupan dunia kini berada dalam kondisi krisis ekologi, rusaknya fungsi ekosistem alam spt hutan, perbukitan, perairan laut, daerah aliran sungai, danau, dll. Berbagai bencana alam akibat buatan (ulah) manusia terjadi dimana-mana yang mengerikan dan membahayakan spt banjir bandang, polusi udara, kekeringan, lingkungan hidup yang kotor, tanah longsor, erosi, abrasi dll.

Jika tidak salah, sudah ada lebih kurang 6-7 jenis konten produk Ecofunopoly yang dihasilkan spt edukasi Carbon, Sampah, Banjir, Hemat Air,  Kebakaran Hutan, Lalu lintas Kapal Laut, dll. Adapun munculnya produk-produk tersebut berkat adanya dukungan berbagai sponsor dari NGO internasional spt UNEV, Unesco, IMO, Yeasly, Bayer, etc etc. Kini si Sulungku Annisa telah berhasil menjadi duta "socioenterpreuneer" berkelas dunia, alhamdulillah.

Annisa yang kini sedang studi S3/Doktor di Kyoto University Japan, dalam upaya mendalami dampak permainan Ecofunopoly terhadap tingkat kesadaran anak-anak Indonesia terhadap pelestarian (konservasi) lingkungan. Lokasi risetnya di kawasan pemukiman penduduk (perkampungan) daerah Puncak Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Alhamdulillah, riset pengumpulan data primer dan sekunder sudah berhasil didapatkannya. Semoga anakku Si Sulung Annisa bisa mengolah dan menganalisis datanya dengan cerdas, sehingga menghasilkan karya Disertasi Doktornya yang exellence dan ilmunya bermanfaat untuk misi kemanusiaan. Itulah harapan dan doa ayah dan mama untuk kesuksesanmu anakku, yang menjadi kebanggaan keluarga, karena nantinya bisa meraih gelar akademik tertinggi Doktor, mengikuti jejak ayahnya. Subhanallah.

Ayah dan mama serta adik-adikmu sangat menyayangimu, dan bangga denganmu, semoga kepulangan kamu ke Jepang hari ini Kamis pagi tgl 22 September 2022 untuk meneruskan studi S3mu dimudahkan Allah SWT, dan anakku Nisa dalam keadaan sehat walaffiat, panjang umur dan murah rezekinya. Aamiin-YRA.

Demikian harapan dan doa keluarga buatmu Nduk Annisa Hasanah binti Apendi Arsyad.
Syukron barakalah.

Mamuju City, Sulbar, Htl Grand Maleo Room 721
Wassalam
====✓✓✓
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad.MSi (Pendiri-Dosen Senior Universitas Djuanda Bogor; Konsultan K/L, Pegiat dan Pengamat Sosial)