VOXRiau

H. M. Arpah Terpilih Aklamasi sebagai Ketua Umum IKA Faperta UIR 2022-2026

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 13 November 2022 21:04 WIB
Ir. H. M. Arpah, MSi bersama peserta Mubes V IKA Faperta UIR

PEKANBARU (VOXindonews) -  Ir. H. M. Arpah, MSi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (IKA Faperta UIR) Masa Bhakti 2022-2026 dalam Musyawarah Besar (Mubes) V di Aula Kampus Faperta UIR, Pekanbaru, Minggu (13/11/2022).

Mubes V IKA Faperta UIR diikuti 13 angkatan dari 41 angkatan yang sudah menamatkan studi di Faperta UIR. Pimpinan sidang Fendri Jaswir didampingi Misrawansyah dan Yusrizal Tanjung menskor sidang dua kali sesuai tata tertib. Akhirnya, Mubes dilanjutkan dengan perwakilan 13 angkatan.

Putaran pertama, masing-masing angkatan mencalonkan satu orang untuk Ketua Umum IKA Faperta UIR. Akhirnya muncul lima nama yakni H. M. Arpah, Ir. Herman (Ketua Petahana), Ir. Desmidawati, Ir. Yusuf Siregar (pengusaha agribisnis) dan Dr. Ujang Paman Ismail (Wakil Dekan III Faperta UIR).

Dalam pencalonan itu Arpah memperoleh 6 suara, Herman 3 suara, Ujang Paman 2 suara, sedangkan Desmimarwati dan Yusuf Siregar masing-masing memperoleh satu suara. Dua besar, Arpah dan Herman ditanya kesediaannya untuk menjadi Ketum IKA Faperta UIR.

Herman yang sudah memimpin IKA Faperta UIR dua periode, menyatakan tidak bersedia dan menyerahkan kepada Arpah. Ketika Arpah diberikan kesempatan, anggota DPRD Provinsi Riau dari PPP itu menyatakan bersedia tapi perlu didukung semua alumni.

''Saya menerima amanah ini tapi saya mohon dukungan dari kita semua para alumni, termasuk civitas akademika Faperta. Tanpa dukungan, saya tentu tak bisa bekerja. Saya akan membuat struktur kepengurusan yang efektif dengan mengangkat Ketua Harian,'' ujarnya.

HM Arpah (kanan) bersama Ketum IKA Faperta UIR petahana Ir. Herman

Setelah itu, pimpinan sidang mengetok palu tanda pengesahan H. M. Arpah yang terpilih secara aklamasi. Selanjutnya dipilih tim formatur yang akan membantu Arpah menyusun kepengurusan IKA Faperta UIR 2022-2026. Tim formatur Arpah sebagai ketua dengan anggota Fendri Jaswir, Herman, Ujang Paman dan Yusuf Siregar.

Dekan Faperta UIR Dr. Siti Zahra mengatakan alumni Faperta UIR kini tercatat 3.000-an orang. Alumni ini potensi yang sangat besar dan perlu dikelalola dengan baik. Perlu tracing terhadap alumni. Sebab, ini akan membantu akreditasi Faperta UIR.

Ketua Umum IKA UIR, M. Sahril Topan mengharapkan kepengurusan IKA Faperta UIR yang terpilih untuk merangkul semua alumni dari semua angkatan. Timbulkan rasa kebanggaan sebagai alumni UIR. ''Kalau ada alumni UIR, wajib kita dukung,'' ujarnya. (FJ)