VOXPolitic

Sejumlah Tokoh Lintas Etnis Riau Silaturahmi dengan Ganjar Pranowo, Diajak Makan Soto

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 15 Januari 2023 19:48 WIB
Sejumlah tokoh lintas etnis dari Riau diajak makan soto oleh Ganjar Pranowo

SEMARANG (VOXindonews) - Sejumlah tokoh lintas etnis dari Riau bersilaturahmi ke kediaman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jum'at (13/1/2023) petang. Mereka menjajaki sekaligus memberikan dukungan untuk Ganjar menjadi Presiden RI.

''Kami dari berbagai etnis bersilaturahmi dengan Pak Ganjar. Alhamdulillah diterima dengan baik di kediaman beliau, Jum'at sore,'' kata Dr. Zulher, tokoh Riau yang juga seorang akademisi kepada VOXindonews, Ahad (15/1/2023).

Diantara tokoh yang berjumpa dengan Ganjar Pranowo itu selain Zulher adalah tokoh Batak Pontas Napitupulu dan Dr. Viator Butarbutar. Ada juga Jhon Analisis, pensiunan PNS Provinsi Riau. Ada 10 orang yang berangkat ke Jateng.

Menurut Pontas Napitupulu, pertemuan tidak hanya di kediaman sang gubernur. Besok paginya, Sabtu (14/1/2023), rombongan tiba-tiba diberi tahu bahwa Ganjar mengajak sarapan di Soto Selan Semarang, soto kesukaan  kader PDI Perjuangan itu.

''Beliau baru selesai bersepeda. Tiba-tiba kami ditelepon dan diajak sarapan pagi. Tempatnya sederhana kali,'' ujar Pontas.

Pontas merasakan kesederhanaan dan merakyatnya Ganjar. ''Orangnya baik, pintar, suka berseloroh. Sederhana. Dan sangat dekat dengan siapa saja,'' tuturnya.

Zulher mengatakan mereka sengaja datang ke Semarang untuk melihat dari dekat dan berdialog dengan Ganjar Pranowo. ''Sudah lama sebenarnya dijadwalkan, tapi karena Covid 19, tertunda. Baru sekarang kami berkesempatan bersilaturahmi,'' kata mantan Kadis Perkebunan Riau itu.

Menurut Zulher, Ganjar seorang yang baik, sopan dan santun. Ia juga taat beribadah.  ''Kebetulan beliau baru pulang dari Umrah,'' ujarnya.

Zulher menambahkan Ganjar Pranowo merupakan sosok yang tidak asing di kalangan ulama dan kiai. Tidak hanya karena kebiasaannya bergaul dengan kalangan santri, tapi juga karena Ganjar memang memiliki ikatan keluarga dengan para ulama dan kiai khususnya di Jawa Tengah.

"Kakek Mertua Ganjar, KH Hisyam Abdul Karim merupakan ulama tersohor yang mendirikan Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga," ujarnya.

Zulher memang pendukung setia Ganjar Pranowo. Beberapa waktu lalu bersama tokoh agama dan kiyai di Riau, mereka mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar jadi Presiden RI. ''Tapi gerakan kita di bawah tanah aja karena Pak Ganjar belum ada perahunya,'' kata Zulher. (FJ)