VOXInhu

Waduh! Warga Seenaknya Buang Sampah Sembarangan

Redaktur : Yuhanis Indra
Jum'at, 27 Januari 2023 18:29 WIB
Warga yang melintas dan membuang sampah sembarangan

AIRMOLEK (VOXindonews) - Sudah berulang kali diekspose tidak adanya kepedulian warga masyarakat membuang sampah di jalan kabupaten di Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Bahkan, sepanjang jalan provinsi arah ke Japura juga sampah berserakan.

Pantauan VOXindonews di lapangan, Jumat (27/1), sampah berserakan di jalan Kelurahan Tanah Merah, dekat ruang terbuka hijau (RTH). Bahkan di sekitar jembatan sampah menumpuk. Akibatnya sungai kecil arah ke SMK Negeri 1 Pasir Penyu bisa dangkal dan akibatkan banjir.

Dari informasi yang diperoleh pada Ahad (29/1) mendatang Gubernur Riau rencana meresmikan bangunan SMA Negeri 1 Pasir Penyu.

Warga yang dihubungi juga merasa kesal terhadap warga yang buang sampah sembarangan. Hampir sepanjang jalan tanah merah dekat SMA sampah berserakan sampai ke tengah jalan.

"Kalau tertangkap kita buat jera. Kita laporkan ke Lurah atau Camat," ujar Askariadi warga yang tidak jauh dari RTH.

Namun memang sulit menangkap pelaku. Tidak mungkin dipantau terus 24 jam. Tapi mereka juga lihai kalau diekspose dan naik di media sosial tidak ada yang buang sampah.

Hampir semua warga menghimbau pihak satpol PP untuk merazia siapa yang buang sampah sepanjang jalan. Ada papan pengumuman di dekat jembatan juga dicabut.

Ketika Musrenbang di Kelurahan Tanjung Gading juga di bahas masalah sampah ini. Warga minta dibangun setiap kelurahan atau desa pembuangan sampah sementara. (YHN).