VOXBengkalis

PWI Bengkalis Dilantik, Bupati Persilakan Kritik

Redaktur : Fendri Jaswir
Rabu, 15 Desember 2021 10:15 WIB
Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang melantik pengurus PWI Bengkalis

BENGKALIS (VOXindonews) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau H. Zulmansyah Sekedang, resmi melantik dan mengukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Bengkalis periode 2021-2024, di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Selasa (14/12).

Usai melantik,  Zulmansyah menyerahkan bendera pataka usai kepada Ketua PWI Bengkalis Adi Putra. Adi lalu mengibarkan bendera pataka tersebut dan menyatakan siap menjaga panji dan kehormatan PWI.

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya mengatakan ke depan PWI menjadi garda terdepan dalam menyajikan segala  informasi seputar Bengkalis dengan mengkedepankan kode etik jurnalistik (KEJ) dan UU Pers.

Ia menjelaskan, kritik membangun sangat diperlukan sepanjang sesuai dengan kaedah jurnalistik. Selain itu juga, pers yang tergabung di PWI juga bisa memberikan edukasi atau pemahaman pers kepada masyarakat. 

"Peran pers beserta medianya sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Pers dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan berita dengan berpegang teguh pada etika jurnalistik agar para wartawan berada di koridor yang tepat," kata Bupati Kasmarni.

Menurutnya, eksistensi PWI Kabupaten Bengkalis harus  diupayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers, media atau insan pers merupakan mitra Pemerintah dan sebagai modal dalam membangun Kabupaten Bengkalis. Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. 

“Peran media tidak hanya sekadar tempat berlalu lalangnya informasi, tetapi juga partner komunikasi interaktif. Selalu tegak lurus mendukung visi, misi, program, kegiatan serta kebijakan Pemerintah Daerah, melalui ide, gagasan, pemikiran dan tulisannya, sehingga terwujud Bengkalis Bermasa,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang mengatakan, hari ini kepengurusan PWI Kabupaten Bengkalis periode 2021-2024 telah sah diberikan amanah, untuk tetap menjaga marwah dan identitas wartawan. 

Dikatakannya, Covid-19 sangat berdampak pada pekerja pers, terutama yang tergabung di wadah organisasi tertua PWI. Sehingga perlu adanya sedikit perhatian khusus pemerintah daerah kepada pekerja pers ini.

“Saya titipkan kepengurusan PWI Bengkalis yang baru dilantik hari ini kepada ibu Bupati Bengkalis. Semoga PWI Bengkalis nantinya bisa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah, terutama dalam memberikan sumber informasi yang dapat mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bengkalis,” ujar H. Zulmansyah.

Dikatakannya lagi, organisasi PWI ini memiliki jumlah anggota yang cukup besar. Semuanya dibina melalui pembinaan serta pelatihan-pelatihan jurnalistik yang baik, serta menembuh jenjang sertifikasi atau uji kompetensi wartawan (UKW), sehingga wartawan yang tergabung di dalamnya semuanya profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Adi Putra dalam sambutannya mengajak kepada pengurus PWI untuk bersama bahu membahu dan bekerja sama dalam mendukung seluruh program pemerintah Kabupaten Bengkalis, sebagai mitra Pemerintah tentu saja tulisan  wartawan bisa menjadi salah satu agen promosi kemajuan negeri junjungan kabupaten Bengkalis. 

Pada kegiatan pelantikan tersebut juga turut diberikan sejumlah penghargaan oleh pengurus PWI Bengkalis periode 2021-2023 kepada Bupati Bengkalis dan 3 ketua PWI Bengkalis periode sebelumnya yang diberikan pada Fadli Syarifudin, Usman Malik dan Alfisnardo. Sementara itu usai pelantikan dilanjut dengan seminar jurnalistik yang diikuti seluruh anggota PWI Bengkalis yang hadir. 

Dalam kegiatan itu, turut hadir sejumlah pengurus PWI Riau diantaranya H. Helmi Burman, Wakil Ketua PWI Riau Novrizon Burman, Wakil Seksi Organisasi Bambang Irawan serta sejumlah undangan diantaranya Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Tenaga Ahli Bupati Muhammad Isa Selamat, Suparjo dan Mustafa Kamal, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Ketua Baznas H Ali Ambar. (SR/Rls)