VOXArtCulture

Syukuran HPN 2022 dan HUT ke 76 PWI Disemarakkan 'Makan Behidang'

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 09 Januari 2022 22:39 WIB
Pertemuan PWI Riau dengan LAMR Kota Pekanbaru, Minggu (9/1)

PEKANBARU (VOXindonews) - Syukuran Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan HUT ke 76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat Provinsi Riau akan dilaksanakan dalam bentuk 'makan behidang'  di pelataran halaman Rumah Tuan Kadi, tepatnya dibawah Jembatan Siak di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau, 19 Februari 2022.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru. Ini tindak lanjut dari pertemuan LAMR Kota Pekanbaru dengan PWI Riau belum lama ini.

Minggu (9/1) sore kedua belah pihak mematangkan rencana tersebut dalam pertemuan di Wan Cafe,  Pasar Bawah,  Pekanbaru. ''Kami sepakat untuk melaksanakan makan berhidang sesuai dengan adat Melayu,'' kata Anthony Harry, Wakil Ketua PWI Riau yang juga Ketua Panitia HPN 2022 dan HUT ke 76  PWI.

Menurut Anthony, kegiatan ini nanti tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimana seluruh yang hadir wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

Dikatakan, pada tahun 2022 ini rangkaian kegiatan HPN yang diselenggarakan oleh PWI Riau telah diawali dengan melakukan anjangsana ke kediaman wartawan senior. Dan selanjutnya, pengurus PWI Riau juga akan melakukan kunjungan silaturahmi ke beberapa mitra.

Tanggal 17 Januari 2022 PWI Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan ini akan kita selenggarakan di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Anthony  mengajak Pengurus LAMR Kota Pekanbaru untuk ikut hadir berpartisipasi menjadi pendonor pada kegiatan dimaksud.

Dijelaskan, pada makan behidang nanti,  yang hadir diperkirakan  150 orang wartawan anggota PWI Riau. Namun ini bisa didiskusikan lagi jika tempat pelaksaan makan behidang bisa memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, bisa jadi yang ikut hadir di lokasi makan behidang nanti dikurangi jumlahnya.

Sementara itu, Kunni Masrohanti selaku penanggung jawab menyampaikan,  bahwa pada kegiatan makan behidang ini akan memotong seekor sapi sebagai bentuk syukur atas terselenggaranya seluruh rangkaian HPN dan HUT PWI ke-76.

"Kita akan potong sapi. Oleh karena itu, kami dari PWI Riau minta dukungan LAMR Kota Pekanbaru menyiapkan seperangkat peralatan yang dibutuhkan seperti pinggan, mampan untuk makan behidang dan kebutuhan lainnya," sebut Presiden Penyair Perempuan Indonesia ini.

Kunni juga menyampaikan, bahwa pada kegiatan makan behidang nanti akan mengundang unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mulai dari Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wira Bima serta unsur dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

Selain makan behidang, sebut Kunni, pagi hingga sore akan diadakan lomba Laga  Pantun. Lomba ini pesertanya antar wartawan anggota PWI Riau.

"Kegiatan lomba ini kita selenggarakan sehari saja, yakni mulai dari pagi hingga petang. Dan malam hari usai makan behidang langsung pengumuman pemenang," sebut Kunni.

Dikesempatan itu, Ketua Umum DPH LAMR Kota Pekanbaru Datuk Dr Rizaldi Putra MBA menyambut baik rencana PWI Riau yang akan melaksanakan kegiatan makan behidang ini.

Dikatakan Datuk Dr Rizaldi Putra MBA, LAMR Kota Pekanbaru akan segera membentuk tim kecil yang akan fokus kepada teknis khusus terkait jumlah yang ikut dalam perhelatan makan behidang nanti.

Dengan adanya kegiatan makan behidang ini, sebut Datuk Rizaldi Putra, sebagai salah satu upaya untuk memastikan bagaimana budaya Melayu ini bisa hidup.

Dia mendukung lomba laga pantun. Bahan  kalau ada wartawan hendak bersilat pun  boleh. ''Kita disini adat Silat Harimau dan Silat Pangean, ," ujar Datuk Rizaldi Putra.

Agar kegiatan behidang ini semarak, meriah dan seru, ujar Datuk Rizaldi Putra, pihaknya akan memberdayakan seluruh perangkat yang ada di LAMR Kota Pekanbaru. "Nanti di lokasi acara akan kita pasang lampu colok dan diiringi dengan kompang," katanya. (FJ)

Tag