VOXKuansing

Sempat Pro Kontra, Akhirnya Dedy Sambudi Dilantik Jadi Sekda Kuansing

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 25 Januari 2022 06:39 WIB
Sekda Dedy Sambudi foto bersama tokoh IKKS dan FMKT

TELUKKUANTAN (VOXindonews) -  Pelaksana Tugas Bupati  Kuantan Singingi (Kuansing), H. Suhardiman Amby melantik dan mengambil sumpah Dedy Sambudi, S.Kep, S.KM, MKes, sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuansing di Pendopo Rumah DInas Bupati Kuansing, Telukkuantan, Senin (24/1/2022) malam ini.

Sebelum dilantik jadi Sekda Kuansing, Dedy Sambudi yang lolos asesmen Pemkab Kuansing itu merupakan Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Kabupaten Kampar.

Hadir dalam pelantikan ini Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan, anggota Forkompimda Kuansing dan Kampar, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga utusan Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) antara lain, Arman Lingga Wisnu (Sekum IKKS). Hendra Zainir (Div.Humas IKKS) Asrin Hamzah (Sekum FMKT) dan Edy Suardi.

Setelah dilantik oleh Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Sekda Kuansing Dedy Sambudi membacakan Pakta Integritas di depan Bupati dan para undangan yang hadir.

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam sambutannya menegaskan, pelantikan Dedy Sambudi sebagai Sekda Kuansing sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yakni sudah mengantongi izin dari Mendagri, Gubernur Riau dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

"Para Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Kuansing harus mampu bekerja optimal sesuai dengan tupoksi masing-masing. Khusus kepada Dedy Sambudi sebagai Sekda Kuansing saya harapkan dapat menjalankan amanah ini sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," tegas Suhardiman Amby.

Sekda Kuansing, kata Suhardiman, harus mampu menjabarkan tugas pokok dan memastikan program pembangunan yang menjadi visi misi kepala daerah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat Kuansing yang berbudaya, beradat dan berkesinambungan.

Ketika ditanya media soal kedekatan Dedy Sambudi dengan dirinya, Suhardiman dengan tegas membantahnya. "Tak ada kedekatan. Saya sendiri baru tahu dan kenal Dedy Sambudi setelah dia ikut dan lolos asesmen," tegas Suhardiman.

Pengangkatan Dedy Sambudi memang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat Kuansing karena dia berasal dari ASN Kabupaten Kampar. Namun ini resiko dari lelang terbuka yang membolehkan ASN dari seluruh Indonesia ikut asesmen dan memenuhi syarat. Hal serupa pernah terjadi pada Sekda sebelumnya. (FJ)