VOXSiak

Makan Behidang dan Santunan Anak Yatim, Wujud Syukur HPN dan HUT ke-76 PWI Tingkat Provinsi Riau

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 19 Maret 2022 17:04 WIB
Foto bersama anak yatim usai memberikan santunan dilanjutkan makan behidang

SIAK SRI INDRAPURA (VOXindonews) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar hajatan makan berhidang dan menyantuni anak yatim di Panti Asuhan As Sidiqiyah, Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (19/3/2022). Ini sebagai wujud syukur Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-76 PWI.

Puluhan anggota PWI Riau dan kabupaten/kota se-Riau  hadir di aula panti asuhan itu. Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari beserta istri, Sekretaris Daerah Siak Arfan Usman dan Kadis Pariwisata Siak Fauzi Asni hadir dan ikut menyantap makanan yang dihidangkan.

"Sebetulnya, rencana makan berhidang ini kita gelar di Pekanbaru. Namun, karena level PPKM di sana naik ke level 3, ya kita gelar di Siak. Maknanya tetap sama kok. Ini kita lakukan sebagai wujud rasa syukur karena usia organisasi (PWI) sudah 76 tahun," ujarnya.

Makan berhidang ini, kata Zulmansyah, tradisi orang melayu. Kegiatan makan bersama dalam satu hidangan atau talam yang lengkap dengan nasi, lauk pauk, lalapan dan cuci tangan itu dimulai ratusan tahun silam.

"Jadi, begitu makanan sudah terhidang, semuanya makan bersama. Duduknya pun lesehan," kata Ketua PWI Riau itu dalam sambutannya.

Dikatakan, tidak dapat dipungkiri, saat ini banyak kalangan yang sibuk mencari format yang ideal tentang bagaimana mencegah disintegrasi.

Padahal, kalau dipikir-pikir, ternyata banyak sekali budaya dan kearifan lokal yang sebenarnya mengajarkan nilai persatuan, saling menghormati serta membentuk gotong-royong dan saling membantu.

"Nah, salah satunya dengan makan berhidang. Di situ semuanya diajarkan," ujar pria yang akrab disapa Bang Zum tersebut.

Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari pun memuji acara kenduri itu. Bahkan, kata Atal, konsep memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak sangat bagus.

"Semua kegiatan yang dibikin di Siak ini, tak obahnya kayak HPN Nasional di Kendari 9 Februari lalu. Ada kegiatan pendidikan, budaya, UMKM dan lainnya. Ini sangat bagus," ujar Atal.

Pada kesempatan itu, PWI Riau memberikan santunan untuk seluruh anak yatim yang ada di panti asuhan tersebut. Anak-anak yatim juga ikut bersama menikmati makan behidang.(FJ/Rls)