VOXInstitute

Survei Indikator : Ganjar-Prabowo Bersaing Sengit, Anies tetap Posisi Tiga

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 04 April 2022 16:50 WIB
Ganjar bersaing sengit dengan Prabowo, Anies posisi tiga

JAKARTA (VOXindonews) - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei elektabilitas bakal capres jika pemilu digelar saat ini. Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sengit, sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat konsisten di urutan ketiga.

Survei Indikator digelar pada 11-21 Februari 2022. Total responden survei tersebut berjumlah 1.200 orang dari semua provinsi di Indonesia secara proporsional.

Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pada simulasi semiterbuka 19 nama, Prabowo menduduki posisi teratas dengan suara sebesar 22,4 persen. Sementara Ganjar memperoleh suara sebesar 21,6 persen dan Anies 17,1 persen.

"Kita lihat simulasi 19 nama, itu selisih Pak Prabowo sama Ganjar lebih sedikit lagi tinggal di bawah 1 persen. Ini betul-betul tipis dua nama ini. Nah, Anies perolehannya juga lumayan," kata Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya pada rilis survei secara virtual, Minggu (3/4/2022) seperti dikutip detikcom.

Survei tersebut kemudian mengerucutkan elektabilitas pada 7 nama politikus saja. Saat simulasi semiterbuka 7 nama, elektabilitas Ganjar mendadak mengungguli Prabowo. Burhanuddin menilai para pemilih politikus yang lain langsung memilih Ganjar ketimbang Prabowo.

"Kalau kita lihat 7 nama, Ganjar dan Prabowo itu imbang. Bahkan beda 0,2 persen sedikit di atas Pak Prabowo. Artinya, ada beberapa nama kalau kita take out itu lari ke Ganjar dan nama yang lain. Termasuk Erick juga naik dari 1,3 persen ketika 7 nama menjadi 2,4. Anies juga naik dari 17 jadi 22 persen. Puan juga naik," kata dia.

"Jadi poin saya di sini, nama-nama yang lain dalam simulasi 7 nama cenderung naik kecuali Pak Prabowo, ketika nama-nama sebelumnya di-take out dari simulasi," imbuhnya.

Berikut ini hasil survei capres simulasi semiterbuka 19 nama menurut Indikator Politik dirilis, Minggu (3/4):

Prabowo Subianto 22,4
Ganjar Pranowo 21,6
Anies Baswedan 17,1
Ridwan Kamil 6,1
Agus Harimurti Yudhoyono 5,1
Sandiaga Salahuddin Uno 4,7
Khofifah Indar Parawansa 2,6
Tri Rismaharini 2,0
Erick Thohir 1,3
Gatot Nurmantyo 0,9

Sementara berikut hasil survei capres simulasi semiterbuka 7 nama menurut Indikator Politik dirilis, Minggu (3/4):

Ganjar Pranowo 27,6
Prabowo Subianto 27,4
Anies Baswedan 22,0
Agus Harimurti Yudhoyono 6,7
Erick Thohir 2,4
Puan Maharani 1,8
Airlangga Hartarto 0,9

(FJ)