VOXInhil

Kunker ke Inhu, Gubernur Riau Serahkan Kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi

Redaktur : Yuhanis Indra
Minggu, 15 Januari 2023 16:31 WIB
Gubernur Riau Syamsuar didampingi Wabup Inhu Junaidi Rachmat menyerahkan kunci Rumah Tinggi

RENGAT (VOXindonews) - Wakil Bupati Indragiri Hulu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si mendampingi Gubernur Riau H. Syamsuar, M.Si melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Indragiri Hulu tepatnya di Rumah Tinggi, pekan lalu .

Kunjungan yang dilakukan Gubernur Riau diantaranya penyerahan kunci cagar budaya Rumah Tinggi yang terletak di Pasiran Kecamatan Rengat kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Selain itu juga dilakukan penyerahan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) untuk Dabus Inhu (domain seni pertunjukan) ditetapkan tahun 2016, Nandung Inhu (domain tradisi lisan dan ekspresi) ditetapkan tahun 2018, Syair surat kapal (Domain tradisi lisan dan ekspresi) ditetapkan tahun 2019, Gawai Gedang Talang Mamak (Domain Adat Istiadat masyarakat, ritus dan perayaan-perayaan)  ditetapkan tahun 2020, dan penyerahan sertifikat rumah layak huni sebanyak 5 penerima. 

Drs. H. Junaidi Rachmat dalam sambutannya menyampaikan, bertolak dari kedudukan adat istiadat Melayu tumbuh secara luas dan memberikan andil besar bagi perjalanan hidup berbangsa dan bernegara. Sudah seharusnya adat istiadat Melayu dapat dilestarikan sebagai upaya memperkuat budaya dan pilar pembangunan khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu. 

''Setelah melakukan revitalisasi pada tahun 2022, akhirnya kita dapat melihat kembali keberadaan rumah tinggi yang merupakan cagar budaya Kabupaten Inhu,'' ujar Wabup Junaidi. 

Ia berharap masyarakat dan pemerintah  Inhu akan memanfaatkan bangunan ini dengan sebaik-baiknya, dan menjadi motivasi untuk memajukan dunia kepariwisataan di  Inhu agar hasanah negeri melayu di Indragiri Hulu dapat terpelihara.

Dalam laporannya, Wabup Inhu juga menyampaikan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Inhu juga telah melakukan revitalisasi terhadap beberapa bangunan cagar budaya lainnya dikabupaten Inhu diantaranya cagar budaya Mesjid Baturijal, Pembangunan makam raja-raja Indragiri di Desa Kotalama Kecamatan Rengat Barat. 

"Mudah-mudahan melalui program revitalisasi ini, akan dapat memunculkan potensi cagar budaya sebagai tujuan objek wisata sekaligus sarana edukasi sejarah bagi wisatawan, masyarakat dan generasi penerus kita" tutupnya. 

Gubernur Riau Syamsuar juga menyampaikan harapannya semoga dengan adanya cagar budaya Rumah Tinggi di Kec. Rengat ini dapat membantu memberikan pengetahuan sejarah kepada generasi penerus walaupun hanya peninggalan dalam bentuk dokumentasi hasanah kerajaan Indragiri dari awal tahun berdirinya. 

''Serangkaian bentuk perhatian dalam melestarikan peninggalan sejarah dengan secara tidak langsung membantu mencerdaskan anak didik bangsa,'' tambahnya. 

Apresiasi dan terimakasih juga disampaikan Gubernur Riau kepada Pemerintah Daerah Inhu atas perhatian dalam melestarikan budaya di Inhu. (YHN)