VOXInhu

Pemerintah Inhu Laksanakan Penguatan Kelembagaan FKUB

Redaktur : Yuhanis Indra
Selasa, 26 September 2023 06:11 WIB
Penyelenggaraan kegiatan penguatan kelembagaan FKUB Inhu

PEMATANG REBA (VOXindonews) - Penguatan dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus dilakukan Pemda Inhu. Ini mengantisipasi pesta demokrasi dan jadwal pemilu yang semakin dekat .

Ini disampaikan Bupati Inhu Rezita Meylani  yang  diwakili  asisten pemerintahan dan kesra Setda, Inhu,  Syaruddin pada acara peningkatan kelembagaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Inhu yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Senin (25/9).

Syahruddin menambahkan agar terwujud kerukunan umat beragama secara optimal di Inhu penting adanya kegiatan penguatan.

“Dengan harapan, FKUB Inhu mendapatkan ilmu dan pembekalan sehingga kerukunan umat beragama berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dijelaskannya tidak ada terjadi gesekan maka hubungan baik tetap berjalan secara maksimal, terutama mendukung program pemerintah membangun daerah dalam menuju masyarakat yang sejahtera.

Keberadaan FKUB juga dapat menjadi wadah aspirasi umat  mewujudkan hidup toleransi, kesetaraan  saling menghargai dan pengertian.

Kepala Badan Kesbangpol Inhu Bambang Iramawan, S.STP, MSP mengatakan, adapun maksud dari kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kemampuan FKUB Inhu.

Dengan tujuan  meningkatkan kerukunan umat beragama di Inhu. Acara berlangsung dengan dialog dan pemaparan dari narasumber.

Acara diselenggarakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 1965, Peraturan Bersama Mentri Agama dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 tahun 2006. Keputusan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/BER/MDN-MAG/1969.

Salah satu narasumber kegiatan penguatan FKUB dari Analis bidang Ketahanan Ekososbudgamas Riau, Indra Prayoga, S.STP mengatakan, kerukunan umat beragama menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadi peran FKUB di tengah keberagaman beragama harus optimal,” pintanya.

Dengan optimalnya peran FKUB maka daerah terhindar dari sikap intoleransi, maka lahirlah masyarakat yang kondusif, damai, saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya.

Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama, dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Inhu Elpi Pistori, SKM menambahkan, kegiatan penguatan FKUB Tahun 2023 adalah upaya untuk mengoptimalkan peran organisasi kemasyarakatan itu.

Peserta PKA Angkatan 2 Tahun 2023 yang berhasil meraih juara 2 ini juga menyebutkan, sehingga menjadi wadah aspirasi umat di tengah kehidupan beragama dan bermasyarakat di Inhu.

“Acara penguatan itu diikuti 17 peserta dari FKUB Inhu,” sebutnya.

Kegiatan yang ditaja oleh Badan Kesbangpol Inhu dalam rangka pembekalan anggota dan pengurus FKUB agar dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sehingga, tidak ada terjadi gesekan yang menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat. (YHN)