VOXPekanbaru

Silaturrahmi IKPP Pekanbaru, Datuk Bisai : Jaga Persatuan dan Kekompakan

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 26 November 2023 11:46 WIB
Silaturrahmi bulanan warga Ikatan Keluarga Pulau Aro Pulau Kedundung, Pekanbaru.

PEKANBARU (VOXindonews) - Silaturrahmi bulanan Ikatan Keluarga Pulau Aro Pulau Kedundung (IKPP) Pekanbaru, Sabtu (25/11/2023), berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan. Penasehat IKPP Edyanus Herman Halim Datuk Bosai berharap agar kekeluargaan dan persatuan ini tetap dipelihara sampai kapanpun.

Silaturrahmi berlangsung di kediaman Dr. Yuslenita Muda dan Ahmad Jamaan di Jl Wisma PGRI Gg PGRI, Kelurahan Delima, Kecamatan Bina Widya, Pekanbaru. Hadir puluhan keluarga anggota IKPP Pekanbaru.

Ustad Delfizar dalam tausyiahnya menekankan pentingnya silaturahmi. Sebab, hadis Nabi Muhammad SAW menyatakan silaturahmi itu akan menambah rezeki dan memperpanjang umur. Artinya, setiap waktu orang akan ingat dengan kebaikan kita walaupun kita sudah meninggal dunia.

Untuk memupuk silaturrahim itu, kata Ustad Delfizar, ada enam hak/kewajiban muslim yang harus dilakukan. Pertama, kalau bertemu ucapkan salam. Kedua, penuhi undangan. Ketiga, bila diminta, berikan nasehat.

Keempat, menjawab orang bersin. Kelima, melaksanakan jenazah, dan keenam, mendoakan orang yang sakit.

Penasehat IKPP Pekanbaru Edyanus Herman Halim Datuk Bisai merasa senang dengan silaturrahmi yang dilaksanakan IKPP hampir setiap bulan, dari rumah ke rumah.

''Walaupun yang hadir setiap silaturrahmi berganti-ganti, tidak masalah. Mungkin mereka ada kegiatan lain. Kita maklumi. Yang penting silaturrahmi dan kekompakan kita sebagai warga Pulau Aro Pulau Kedundung tetap terjaga,'' ujarnya.

Datuk Bisai mengingatkan agar persatuan dan kekompakan ini harus tetap dijaga, apalagi menjelang Pemilu ini. Jangan sampai kita bertengkar atau tidak bertegur sapa karena perbedaan pilihan.

''Tadi Ustad telah mengingatkan, tidak boleh kita tidak bertegur sapa, lebih dari tiga hari. Ini yang perlu kita jaga,'' kata dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unri itu.

Silaturrahmi itu diawali dengan makan siang bersama yang disediakan tuan rumah. Selain  itu disajikan juga makanan khas Talukkuantan seperti solomak bakucuang, kue talam dan buah inai. (FJ)