VOXRiau

Puncak HPN 2024 : Pin Emas untuk SF. Hariyanto dan Umroh untuk Juprison

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 21 Juli 2024 07:30 WIB
Bupati Kuansing Suhardiman Amby memasangkan kain Ihram kepada Juprison sebagai pemenang pertama LKJ Raja Ali Kelana 2024

TELUKKUANTAN (VOXindonews) - Malam Puncak Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat Provinsi Riau di Lapangan Limuno, Telukkuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Sabtu (20/7/2024) malam berlangsung meriah dan spektakuler.  Menampilkan artis ibukota Susi Ngapak dan artis lokal Wike Yulia.

Pada malam puncak ini diserahkan sejumlah penghargaan. Pin Emas PWI Riau diberikan kepada Pj. Gubernur Riau SF. Hariyanto dan Bupati Bengkalis Kasmarni. Pin diterima Kadis Kominfotik Riau Ikhwan Ridwan mewakili Pj. Gubernur Riau dan Kadis Kominfotiksan Bengkalis Suwarto.

Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Raja Ali Kelana kategori tulisan diraih oleh Juprison dari Riau Pos dengan judul tulisan ''Mengenal Tradisi Pacu Jalur di Kuantan Singingi, Wujud Kekompakan Tegakkan Murwah Negeri'' dan kategori foto direbut Gema Setara dari Riau Pos dengan judul ''Pancang Pemisah''.

Penghargaan untuk pejabat termasuk Bupati Kuansing Suhardiman Amby

Masing-masing juara meraih tropi dan hadiah Rp 7,5 juta. Khusus juara pertama karya tulis jurnalistik dapat bonus Umroh dari Bupati Kuansing Suhardiman Amby. Suhardiman memasangnya kain Ihram kepada Juprison tanda berangkat Umroh.

Adapun tema Lomba Karya Jurnalistik Raja Ali Kelana Tahun 2024 adalah Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit, Masyarakat Sejahtera. Selain juara juga ditetapkan 20 nominator baik kategori tulisan maupun foto, masing-masing menerima hadiah Rp 500 ribu.

Selain itu, Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar juga memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan sebagai mitra karena telah turut serta  meningkatkan profesionalisme dan level kompetensi wartawan. Perusahaan itu anrara lain SKK Migas, Pertamina Hulu Rokan, PT RAPP, PT IKPP, EMP, SRL, dan Bumi Siak Pusako.

Penampilan Artis ibukota Susi Ngapak. 

Spektakuler

Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar dalam pidato singkatnya mengatakan, PWI merasa bersyukur, acara yang sangat ditunggu-tunggu yakni puncak HPN Provinsi Riau, sangat spektakuler. Dimeriahkan oleh artis ibukota dan lokal. Tata panggung dan cahaya juga meriah dan menarik.

Sebelum malam puncak, wartawan anggota PWI Riau ikut berjoget Randai Kuansing dalam acara pagelaran Randai Kuansing selama lima hari dengan menampilkan 10 grup randai.

Paginya, bersama ratusan masyarakat mengikuti gerak jalan sehat dengan banyak hadiah yang menarik. Lalu menyaksikan Pacu Jalur di Benai. 

"Luar biasa sekali, kemarin randai, kami ikut berjoget randai. Tadi kami diajak pula menyaksikan pacu jalur, diikuti 115 jalur, masyarakatnya sangat luar biasa. Ini peringatan Hari Pers Nasional paling gegap gempita," pujinya.

Dalam pada itu, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto diwakili Kadis Kominfo Ikhwan Ridwan menyatakan HPN tingkat Provinsi Riau di Kuansing terkait kemajuan teknologi informasi sehingga informasi bisa sampai ke sejumlah daerah. Pemprov sangat menyadari pentingnya pers dan menggandeng pers.

Salah satunya pesta demokrasi yang akan berlangsung, dengan tantangan November 2024 ada pilkada, pers diharapkan jadi mata rantai pengawal demokrasi. Pemprov terus mendukung kebebasan pers dan berkomitmen bekerja sama dengan pers dalam menyampaikan informasi.

Penghargaan untuk mitra PWI Riau 

Apresiasi Bupati

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby mengharapkan insan pers semakin kompeten dalam menyebarluaskan informasi agar hal yang diterima masyarakat  itu benar.

"Kita berikan apresiasi kepada insan pers setingi-tingginya, selamat Hari Pers Nasional dan Dirgahayu PWI ke-78," kata bupati yang bergelar Datuk Panglimo Dalam itu.

Kinerja insan pers dinilai sangat membantu jalannya informasi yang benar, dengan begitu Pemerintah Kabupaten Kuansing memberikan dukungan kepada PWI Kuansing yang akan mendirikan gedung wartawan.

"InsyaAllah PWI semakin didepan di Kabupaten Kuansing. Di (APBD) perubahan ini DED (rancangan bangunan) yang insyaAllah akan kita buat, dan fisik bangunannya InsyaAllah pada (APBD) murni 2025 nanti, kantornya akan kita bangun," tegasnya disambut tepuk tangan meriah.

Dengan begitu, Suhardiman berharap dukungan ini dapat membantu kinerja insan pers terkhusus PWI Kuansing untuk menyuguhkan pemberitaan yang mencerdaskan masyarakat.

"Dengan harapan tentunya insan pers PWI dapat memberikan informasi yang mencerdaskan, terpercaya, tepat, cepat, enak didengar kepada masyarakat Kuansing," pungkasnya.

Pada kesempatan bersamaan, Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Sugito berharap akan karya-karya yang disuguhkan para insan pers dapat menjadi tonggak pilar ke empat.

"Untuk persatuan wartawan indonesia terus berkarya untuk menjadi pilar ke empat Indonesia, selamat Hari Pers Nasional dan Dirgahayu PWI ke-78," singkat AKBP Pangucap. (FJ)

HPN 2024 Kuansing LKJ Raja Ali Kelana Suhardiman Amby SF. Hariyanto HUT ke-78 PWI VOXindonews Lazada Jual Beli Online Shopee