VOXNasional

Putri Mantan Gubernur Riau Ini Harumkan Nama Indonesia di Luar Negeri

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 05 Agustus 2024 07:25 WIB
Arsilia Arsyadjuliandi, CEO Organic Center, satu-satunya perempuan Indonesia yang tampil presentasi di ajang ASEAN Women Entrepreneur Network di Phnom Penh, Kemboja.

PHNOM PENH (VOXindonews) - Arsilia Arsyadjuliandi⁩, CEO Organic Center, meraih penghargaan bergengsi pada ajang ASEAN Women Entrepreneurs Network (AWEN), di Hotel Sofitel, Phnom Penh Kamboja, Kamis (1/8/2024).

Penghargaan AWEN ini diberikan kepada pengusaha-pengusaha perempuan berprestasi di ASEAN, dengan berbagai kategori yaitu; sosial, pendidikan, dan ekonomi, melalui seleksi cukup ketat oleh AWEN Chair Indonesia dan AWEN Chaircountry, Cambodia.

Momentum pemberian penghargaan dengan tema '2024 Pinnacle Enterpreneur Forum and AWEN Award' ini dihadiri dan disaksikan langsung Perdana Menteri Kamboja, Hun Manet, sekaligus memberikan ucapan selamat kepada penerima AWEN Award ASEAN 2024.

Arsilia Arsyadjuliandi mengaku sangat bersyukur atas anugerah yang diterimanya.

"Alhamdulilah, atas karunia dari Allah SWT, penghargaan ini saya dedikasikan untuk keluarga tercinta karena telah memberikan dukungan penuh kepada saya," ujarnya.

Dalam sambutannya, Ministry Women Affairs of Cambodia, Hon Dr. Eng Khanta Pavi, mengatakan penghargaan diberikan sebagai bentuk dukungan kepada para wirausahawan perempuan yang memiliki dedikasi tinggi terhadap transformasi di era saat ini.

"Penghargaan ini diberikan kepada para wirausahawan perempuan di negara-negara ASEAN yang mampu mengembangkan bisnisnya, sekaligus mampu menularkan peran positif terhadap kaum perempuan," ujar Hon Dr. Eng Khanta Pavi.

Penghargaan AWEN Award ini, jelasnya,  mencerminkan pendekatan holistik dalam mendukung wirausahawan perempuan, yang mampu membuat transformasi positif berbasis digital ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, AWEN Indonesia juga menyoroti lima topik inti yang telah menjadi isu prioritas selama masa kepemimpinan mereka, yaitu; People, Planet, Prosperity, Partnership, dan Power

Selain menerima penghargaan ASEAN Women Entrepreneur Award, Arsilia juga terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang memberikan presentasi di hadapan seluruh petinggi dan delegasi dari negara ASEAN.

Topik yang dipresentasikannya terkait peran organisasi wanita seperti IWAPI dalam membantu usaha mikro kecil (UMK) yang 61 persen di antaranya dimiliki oleh wanita untuk scale up atau tumbuh menjadi perusahaan menengah dan besar.

Hal ini tentu saja penting karena saat ini komposisi perusahaan yang dikendalikan wanita dan sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia hanya sekitar 10 persen.

Hal lain yang menjadi topik Arsilia yakni tentang wanita yang merupakan setengah dari populasi dunia. Mereka perlu diberikan peluang lebih dan didorong untuk berkontribusi terhadap ekonomi ASEAN. Misalnya, dengan membuka peluang beasiswa untuk wanita, seperti yang disampaikan oleh Arsilia:

"If you teach a man, you teach a man. But if you teach a woman, you are building generations. Karena ketika perempuan terdidik, mereka akan semakin berdaya dan dapat mendidik perempuan lainnya atau anak-anak mereka," ungkapnya.

Arsilia juga menyoroti pentingnya mendorong pertanian organik karena sepertiga dari gas rumah kaca dihasilkan oleh sistem pangan. Sistem pertanian organik dapat mengurangi 70 persen gas rumah kaca.

Selain itu, organik juga dapat menyelamatkan kesehatan masyarakat dan merupakan sistem pertanian yang paling etis.

Arsilia merupakan putri dari mantan Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman yang saat ini juga menjadi anggota Fraksi Golkar DPR RI.

Ia merupakan alumni Harvard Business School dan sekarang sedang melanjutkan studi doktoral di Hong Kong University of Science and Technology.

Arsilia aktif menjadi anggota pusat DPP IWAPI, JCI Femme, BPP Hipmi Womenpreneur (Wakil Ketua Hubungan Internasional), dan bergabung dalam organisasi pengusaha di Riau yaitu Kadin Riau (Wakil Ketua Hubungan Internasional).

Arsilia berkomitmen untuk terus membantu pengusaha perempuan lainnya dalam meningkatkan bisnis mereka. Ia percaya bahwa ketika wanita bersatu dan saling mendukung, mereka akan sukses bersama.

Selain membantu orangtuanya meneruskan perusahaan di bidang energi dan distribusi, Arsilia Arsyadjuliandi juga merupakan Founder Organic Center. Sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai makanan berbahan dasar organic dan telah memenangkan banyak penghargaan.

Organic Center telah dianugerahi beberapa penghargaan. Seperti dari BPOM (Indonesia FDA Award) yang mengganjar Organic Center sebagai peringkat 2 ajang BPOM Award 2024, Kategori UMK Pangan Berdaya Saing Terbaik.

Organic Center juga meraih prestasi sebagai finalis top 3 dalam ASEAN Business Award (ABA) September 2023 untuk kategori Sustainable Crop Production - Micro Small Medium Enterprise (MSME). Kegiatan ini diselenggarakan oleh ASEAN Business Advisory Council.

Selanjutnya, Organic Center juga diganjar anugerah perunggu kategori organisasi kecil barang pada ajang SNI Award September 2023. Ini merupakan penghargaan kualitas tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada dunia usaha. (FJ/Rls)

AWEN Phnom Penh Kamboja Arsilia Arsyadjuliandi Gubernur Riau DPR RI Arsyadjuliandi Rachman Organic Center VOXindonews Jual Beli Online Lazada Shopee