VOXPolitic

Pilgubri 2024 : Abdul Wahid - Sofyan Franyata (SF) Hariyanto Berlayar

Redaktur : Fendri Jaswir
Rabu, 14 Agustus 2024 23:36 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan SK kepada Calon Wakil Gubri SF. Hariyanto.

PEKANBARU (VOXindonews) - Pasangan calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau Abdul Wahid dan Sofyan Franyata (SF) Hariyanto memastikan diri berlayar dalam Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024, setelah memperoleh Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP dan DPP Partai Nasdem, Rabu (14/8/2024).

Penyerahan SK dari DPP PDIP dilakukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP Jakarta. SK diterima oleh calon Wakil Gubernur Riau SF Hariyanto bersama sejumlah calon kepala daerah lainnya.

Sedangkan SK dari DPP Partai Nasdem diserahkan oleh Ketua DPP Partai Nasdem yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Riau Willy Aditya di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta. SK tersebut diterima langsung oleh calon Gubernur Riau Abdul Wahid dan calon Wakil Gubernur Riau SF. Hariyanto.

Sebelumnya, pasangan Calon Gubri dan Wakil Gubri Abdul Wahid dan SF. Hariyanto sudah menerima SK dari DPP PKB. Abdul Wahid yang juga Ketua DPW PKB Riau saat ini anggota DPR RI dari PKB Dapil Riau 2. Sedangkan SF. Hariyanto masih Pj. Gubernur Riau dan Sekda Provinsi Riau.

Abdul Wahid dan SF. Hariyanto menerima SK dari DPP Partai Nasdem. 

Dengan demikian, seperti diberitakan VOXindonews sebelumnya, Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) pada Pilkada Serentak 27 November 2024, diikuti tiga pasang calon yakni pasangan Nasir - Wardan yang didukung Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN dan PPP.  Keempat partai ini memiliki kursi di DPRD Riau sebanyak 22 kursi.

Sedangkan pasangan kedua adalah Syamsuar - Mawardi Muhammad Saleh. Pasangan mantan Gubernur Riau dan Ustad ini didukung dua partai yakni Partai Golkar dan PKS. Total kursi di DPRD Riau 20 kursi.

Pasangan ketiga adalah Abdul Wahid - SF. Hariyanto. Duet anggota DPR RI dan Pj. Gubernur Riau ini didukung oleh tiga partai yakni PDIP, PKB dan Partai Nasdem. Total kursi di DPRD Riau sebanyak 23 kursi.

''Insya Allah kita sudah bisa berlayar ke KPU. Mohon dukungan seluruh rakyat Riau untuk sama-sama memenangkan pasangan ini,'' ujar Abdul Wahid saat menerima SK dari Partai Nasdem.

Dari dukungan partai dan jumlah kursi di DPRD Riau, ketiga pasangan ini memiliki kekuatan yang berimbang. Sayang belum ada hasil survei yang menunjukkan kekuatan masing-masing pasangan ini. (FJ)

Pilgubri Pilkada 2024 Abdul Wahid SF. Hariyanto PDIP Partai Nasdem Megawati Soekarnoputri VOXindonews Lazada Shopee Jual Beli Online