VOXInhu

Banjir Melanda Inhu, Bupati Langsung Tinjau dan Beri Bantuan

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 10 Januari 2022 21:37 WIB
Bupati Inhu Meylani Rezita Yopi meninjau banjir

AIR MOLEK (VOXindonews) - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Meylani Rezita Yopi, langsung meninjau lokasi banjir yang merendam beberapa kecamatan di daerah kawasannya, Senin (10/1).

Desa Tanjung Beludu, Kecamatan Kelayang jadi sasaran Bupati untuk melihat langsung kondisi banjir. Desa ini banyak rumah warga yang terendam air. Pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan bantuan sembako bagi warga yang terdampak banjir.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian  kepada VOXindonews menyatakan banjir yang melanda daerah Inhu akibat tingginya curah hujan dan meluapnya beberapa sungai.

Banjir di Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gangsal, menggenangi jalan Lintas Timur dengan ketinggian 120 cm. Akibatnya aktivitas masyarakat dan kendaraan terkendala di daerah ini.

Di Desa Sungai Akar, sekitar 50 rumah warga terendam air. "Alhamdulillah dari laporan satgas di lapangan keadaan sudah normal kembali," ujarnya.

Begitu juga di Kecamatan Batang Cenaku jalan utama menuju desa Aur Cina juga terendam air. Tapi belum sampai merendam rumah warga.

Ergusfian, Kepala KPBD Inhu, menghimbau kepada masyarakat selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini. Karena tanpa di duga siang panas, malam hujan cukup lama. Ini dialami Kecamatan Lubuk Batu Jaya yang hampir seluruh desa terendam akibat curah hujan yang cukup lama.

Bagi masyarakat yang terdampak banjir, Ergusfian mengingatkan menempatkan barang barang berharga pada tempat yang aman.

Dia juga mengajak masyarakat agar membersihkan selokan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Ditambahkannya satgas KPBD yang berada di kecamatan dan posko  siap siaga 24 jam ketika terjadi bencana. Apalagi dengan musim hujan yang tidak menentu seperti sekarang ini. (YHN)