VOXRiau

Pelantikan Muflihun dan Kamsol Tertunda Satu Hari, Masing-masing Sekda Jadi Plh. Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 21 Mei 2022 21:04 WIB
Muflihun, S. STP, M. AP dan Dr. H. Kamsol

PEKANBARU (VOXindonews) - Pelantikan Pejabat Walikota Pekanbaru  Muflihun S. STP, M. AP dan Bupati Kampar Dr. H. Kamsol ditunda satu hari menjadi Senin (23/5/2022) di  ruang Pauh Janggi, Gedung Daerah, Pekanbaru. Seharusnya pelantikan dilakukan Ahad (22/5/2022) sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Firdaus MT dan Catur Sugeng  Susanto.

Namun, menurut Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Riau Muhammad Firdaus, penundaan dilakukan karena menyesuaikan dengan jadwal Gubernur Riau Syamsuar. Gubernur masih berada di Jakarta untuk persiapan berangkat ke Malaysia, Selasa (24/5/2022).

Akibatnya, terjadi kekosongan di pemerintahan selama satu hari. Untuk itu, akan diangkat pelaksana harian (Plh) Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar selama satu hari. Sebab, tidak boleh ada kekosongan dalam pemerintahan.

Gubernur Riau menunjuk Sekretaris Daerah Pekanbaru Muhammad Jamil dan Sekretaris Daerah Kampar Yusri sebagai Plh Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar. ''Plh-nya Sekda Pekanbaru dan Sekda Kampar,'' kata Firdaus menjawab VOXindonews, Sabtu (21/5/2022).

Seperti diberitakan sebelumya, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pejabat Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar sudah diterima Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Muhammad Firdaus, Sabtu (21/5/2022). SK diserahkan oleh Sekretaris Dirjen Otda Manderemeng dan Direktur Otonomi Khusus Dirjen Otda Kementeri Dalam Negeri Andi Batara.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, kedua pejabat yang telah ditetapkan yakni Muflihun sebagai Pejabat Walikota Pekanbaru dan Kamsol sebagai Pejabat Bupati Kampar akan dilantik Gubernur Riau Syamsuar, Ahad (22/5/2022) besok pagi pukul 08.00 WIB di Balai Serindit, Gedung Daerah. Namun ditunda satu hari karena menyesuaikan dengan jadwal gubernur.

Bukan Usulan Gubernur

Baik Muflihun yang kini Sekretaris DPRD Provinsi Riau dan Kamsol yang kini Kepala Dinas Pendidikan Riau, bukanlah nama yang diusulkan Gubernur Riau Syamsuar untuk Pejabat Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar. Keduanya mengurus sendiri ke Kementerian Dalam Negeri untuk diangkat jadi Pejabat Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar.

Gubernur Syamsuar mengusulkan Masrul Kasmy, Asisten I Setda Riau, Bobby Rachmat, Kadispora Riau dan M. Edy Afrizal, Kepala BPPD Riau, sebagai calon Pejabat Walikota Pekanbaru. Sedangkan untuk Pejabat Bupati Kampar, Syamsuar mengusulkan Imron Rosyadi, Kadisnakertrans Riau,  Zulkifli Syukur, Karo Kesra Riau dan Roni Rachmat, Kadis Pariwisata Riau.

Sumber VOXindonews menyebutkan kedua pejabat Pemprov Riau itu berhasil memperoleh jabatan tersebut berkat lobi-lobi politik. Muflihun masuk jalur Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kemendagri. Sedangkan Kamsol masuk melalui jalur PDIP. Kamsol memang dekat dengan PDIP karena pernah di tim transisi ketika Jokowi terpilih jadi Presiden tahun 2014.

Muhammad Adil, Bupati Kepulauan Meranti, kepada VOXindonews mengakui ikut meneken beberapa berkas usulan Kamsol untuk Pejabat Bupati Kampar. Maklum, Kamsol adalah mantan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti. ''Ada beberapa berkas, saya tak cek lagi, saya teken aja,'' ujarnya. (FJ)