VOXTourism

Travel Agen Riau Siap Pasarkan Wisata Singapura

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 14 Oktober 2022 13:24 WIB
Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah (tengah) dengan pihak STB Singapura

PEKANBARU (VOXindonews) - Seiring segera dibukanya penerbangan langsung rute Pekanbaru-Singapura pada 24 Oktober mendatang, travel agen di Riau kini tengah mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan business to business (B2B) Table Top Event yang diselenggarakan oleh Singapore Tourism Board (STB) di Novotel Pekanbaru, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan itu dihadiri 81 travel agen anggota ASITA dari berbagai daerah di Riau. Seperti Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Kampar dan lainnya. Mereka diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan pihak penerbangan, travel agent Singapore, kapal pesiar, destinasi wisata dan pihak yang dihadirkan langsung oleh STB.

Area Director STB Indonesia Lim Si Ting mengatakan, pihaknya mempertemukan pelaku usaha travel agen dengan para mitra dari Singapura, seperti maskapai penerbangan, travel agent, destinasi wisata, kapal pesiar dan perusahaan pengelola tujuan wisata dalam iven tersebut.

"Kami menyediakan 10 table di sini. Para peserta bisa bicara tentang bisnis, dan terkoneksi kembali dengan pariwisata Singapura yang selama ini sempat terhalang karena pandemi," ujarnya saat ditemui.

Dia berharap, event tersebut bisa membangkitkan kembali parisiwata dan juga bisnis travel agen yang ada di Pekanbaru.

Sementara itu, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia / Association of The Indonesian Tours and Travel Agencie (ASITA) Riau menyambut baik event ini. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah yang turut hadir dalam event tersebut.

Dede berterima kasih dan mengapresiasi STB yang sudah mengupayakan pertemuan antara bisnis pariwisata di Singapura dengan travel agent yang ada di Riau. Terlebih semua sistem booking dan transaksi juga dilakukan secara online. Sehingga memudahkan pengusaha travel agen.

"Peluang ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh travel agen anggota ASITA untuk menumbuhkan lagi bisnis mereka," terangnya.

Namun, pihaknya berharap, nantinya rute penerbangan Pekanbaru-Singapura bisa membuka layanan setiap hari. Mengingat adanya kemungkinan permintaan yang tinggi setelah ini. 

"Nantinya Scoot buka penerbangan rute Pekanbaru-Singapura hanya dua kali dalam sepekan, yakni Jumat dan Senin. Mungkin, ke depan bisa dibuka setiap hari. Karena permintaan akan sangat tinggi. Orang-orang Riau lebih memilih ke Singapura dibanding Jakarta. Jadi, kalau bisa penerbangannya tersedia setiap hari," harapnya. (FJ/Rls)