VOXCrimLaw

BREAKING NEWS : Sopir Sambo Kuat Ma'ruf Divonis 15 Tahun Penjara

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 14 Februari 2023 16:36 WIB
Kuat Ma'ruf usai sidang yang memvonisnya 15 tahun penjara. (Foto : kompas.co)

JAKARTA (VOXindonews) - Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir N Yosua Hutabarat, Kuat Ma'ruf, divonis 15 tahun penjara. Sopir keluarga Ferdy Sambo itu pun 'melawan' putusan hakim tersebut.

"Pasti bandinglah," kata Kuat seusai sidang di PN Jaksel, Selasa (14/2/2023) sebagaimana dikutip detikcom.

Kuat tetap bersikeras tidak membunuh Yosua. Kuat juga mengatakan tidak berencana membunuh Yosua.

"Karena saya tidak membunuh dan tidak berencana," kata Kuat.

Kuat Divonis 15 Tahun

Kuat Ma'ruf dinyatakan terbukti bersalah. Kuat dinyatakan bersalah turut serta melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir N Yosua Hutabarat.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Kuat Ma'ruf terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana," kata hakim ketua Wahyu Iman Santoso saat membacakan amar putusan di PN Jaksel, Senin (14/2/2023).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Kuat Ma'ruf," imbuhnya.

Kuat dinyatakan bersalah melanggar Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Hakim menyatakan tak ada alasan pembenar dan pemaaf atas perbuatan Kuat Ma'ruf.

Pertimbangan yang memberatkan vonis yaitu, terdakwa dinilai tidak sopan, serta berbelit-belit dalam persidangan.

 

 

"Hal yang memberatkan, terdakwa tidak sopan dalam persidangan, berbelit-belit dalam persidangan sehingga menyulitkan jalannya persidangan, terdakwa tidak mengakui salah dan memposisikan diri sebagai orang yang tidak tahu dalam perkara ini, terdakwa tidak menyesali perbuatannya," ucap Hakim Anggota Morgan di ruang sidang PN Jaksel, Selasa (14/2/2023),  seperti dikutip okezone.com


Salam metal

Kuat Ma'ruf memberikan salam metal kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) usai divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023). Vonis ini lebih berat dari tuntutan JPU yang meminta Kuat Ma'ruf dihukum 8 tahun penjara.

Berdasarkan pengamatan Sindonews.com di lokasi, Kuat Ma'ruf terlihat tenang usai mendengar pembacaan vonis itu. Ia awalnya menghampiri pengacaranya di sebelah kanan ruang sidang. Usai diberi semangat oleh tim pengacaranya, Kuat Ma'ruf lalu berjalan meninggalkan ruang sidang dan berpapasan dengan tim JPU di sebelah kiri ruang sidang.

Sambil berjalan, jari tangan kanan Kuat memberikan simbol metal kepada JPU. (FJ)