VOXSiak

Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Faperta UIR Jadikan Kampung Dosan sebagai Desa Binaan

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 02 Oktober 2023 20:40 WIB
Dosen Faperta UIR memberikan penyuluhan pertanian di Kampung Dosan, Siak.

SIAK (VOXindonews) - Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UIR melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk penyuluhan pertanian di Agrowisata Taman Khalifah Sulaiman, Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, belum lama ini.

Kegiatan Penyuluhan Agribisnis Produk Pertanian dan Agroindustri Lokal tersebut di ketuai oleh: Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M. Agr. dan dihadiri pula oleh dosen Fakultas Pertanian lainnya, yaitu Dr.  Fathurrahman, SP, M.Sc, Ilma Satriana Dewi, SP, M.Si,  Salmita Salman, SP, M.Si dan Samsul Kustiawan, SP, MP. 

Menurut Ujang Paman, topik ini dipilih karena desa tersebut mempunyai produk pertanian dan agroindustri lokal yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan seperti tanaman buah-buahan, sayuran dan biofarmaka yang mempunyai potensi ekonomi yang cukup besar. 

Dari data produksi buah-buahan di Kecamatan Pusako menunjukkan bahwa produksi tanaman buah-buahan berupa pisang, mangga, durian dan papaya masing-masing sebesar 13.764 kuintal, 2.080 kuintal, 2.243 kuintal dan 1.041 kuintal pada tahun 2021.

Sedangkan untuk tanaman sayuran ada tanaman cabe dengan produksi 1.365 kuintal pada tahun yang sama.  Ada lagi dari tanaman biofarmaka (rempah-rempah) berupa jahe, kencur, kunyi dan laos dengan produksi sebesar 437 kg, 846 kg, 1.000 kg dan 307 kg pada tahun 2021. 

''Produksi tanaman tersebut belumlah maksimal, sehingga perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi budidaya pertanian yang tepat dan lebih maju,'' ujar Ujang.

Dalam acara kegiatan penyuluhan tersebut diserahkan pula bibit kelapa jenis serai wangi kepada sekitar 20 peserta masing-masing peserta satu pokok.   Bibit ini dapat ditanam petani di pekarangan atau di kebun masing-masing dengan cara sesuai dengan yang telah disuluhkan (ajarkan) sebelum tanaman dibagikan. 

Selain itu, petani juga diajarkan cara memelihara yang benar sehingga bisa berbuah tepat waktu, baik jumlah dan waktu pemupukan maupun pembersihan di sekitar tanaman kepala tersebut.   Produksi kelapa serai wangi ini nantinya bisa dipanen pada waktu muda untuk diminum airnya atau panen tua.

Menurut Ujang, dari hasil produksi kelapa ini nantinya, dapat pula dijadikan bibit untuk ditanam kembali sehingga populasi kelapa menjadi lebih banyak dan diharapkan tersebar luas ke seluruh masyarakat di kampung tersebut.

Dijelaskan, berbarengan dengan kegiatan penyuluhan agribinsis produk pertanian dan agroindustri lokal dan penyerahan bibit kelapa serai wangi tersebut, dosen dari Prodi Agroteknologi melakukan demontrasi pembuatan bokasi kepada peserta.

Demontrasi tersebut langsung melibatkan seluruh peserta dan hasilnya dapat dimanfaatkan setelah bokasi sudah jadi.  Diharapkan peserta dapat memanfaatkan pupuk bokasi ini untuk memupuk tanaman kelapa serai wangi yang telah dibagikan kepada mereka.

Acara kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan ini ditutup dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Pertanian UIR dengan Kampung Dosan Kecamatan Pusako Kabupaten Siak.  Kesepakan Kerjasama ini bermaksud menjadikan Kampung Dosan sebagai Kampung (Desa) Binaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau dalam Bidang Pertanian dan Perikanan. 

Penandatanganan tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Kampung Dosan, yaitu Zamri, S. Agar dan dari Fakultas Pertanian diwakili oleh Wakil Dekan III Faperta UIR: Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M. Agr.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kampung Dosan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bidang pertanian dan juga membantu memberdayakan masyarakat kampung tersebut dalam menguasai teknologi pertanian yang terus maju dan senantiasa berkembang. (FJ/Rls)