VOXRiau

Adolf Bastian Terpilih Sebagai Ketua PGRI Riau Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 11 November 2023 21:51 WIB
Dr. Adolf Bastian Tambusai (kanan) bersama Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution

PEKANBARU (VOXindonews) - Dr. Adolf Bastian  Tambusai, MPd terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau sisa masa jabatan 2019-2024. Adolf menggantikan Dr. Muhammad Syafi'i yang kepengurusannya dibekukan karena menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa.

Dr. Adolf Bastian terpilih dalam Rapat Koordinasi dan Pemilihan Ketua PGRI Riau Masa Bakti Lanjutan 2019-2024 yang digelar di Hotel Bono, Pekanbaru, Jum'at (10/11/2023). Rakor tersebut dibuka oleh Plt. Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan dihadiri kepengurusan PGRI dari 12 kabupaten/kota.

Rakor dilaksanakan setelah terbitnya Surat Keputusan Pembekuan Pengurus PGRI Provinsi Riau Nomor : 864/Org/PB/XXI/2023, 3 November 2023. Lalu, PB PGRI membentuk Caretaker yang diketuai  Dudung Abdul Qodir, SPd, MPd, dari PB PGRI dengan anggota Pahmijan dari PGRI Riau dan tiga PGRI kabupaten/kota termasuk Adolf Bastian dari Rokan Hulu.

Rapat koordinasi membahas persoalan-persoalan yang terjadi pada kepengurusan sebelumnya yang telah dibekukan, dilanjutkan pemilihan Ketua PGRI Riau dan formatur. Terpilih Wakil Ketua, Taslim, SPd, Mulyawansyah, MPd, Ekowibowo, MPd, Abdul Gafar, MPd dan Sekretaris Umum Drs. Pahmijan, SPd, yang juga Kabid SMA Dinas Pendidikan Riau.

Adolf kepada VOXindonews bersyukur atas terselenggaranya Rakor secara aman dan lancar. “Alhamdulillahirabbil’alamin, amanah yang diberikan kepada saya hari ini tidak terlepas dari restu orang tua dan keluarga serta dukungan oleh teman-teman 12 Kabupaten/kota,'' ujar Direktur Pascasarjana Unilak itu.

Adolf yang pernah menjabat Rektor Universitas Pasir Pengaraian Masa Bakti 2019-2022 menambahkan, seluruh pesan Ketum PB PGRI dan saran oleh teman-teman 12 Kabupaten/Kota akan segera ditindaklanjuti.

Sebelum pemilihan berlangsung, setelah silaturahim bersama Plt. Gubernur Riau, pengurus PGRI se-Riau meninjau gedung-gedung PGRI yang merupakan aset yang harus diselamatkan dan segera dikelola dengan sebagaimana mestinya.

PB PGRI Dudung Abdul Qodir, SPd, MPd mengucapkan selamat atas terselenggara konsolidasi organisasi itu. “Selamat kami ucapkan kepada Bapak Dr. Adolf, kehadiran kami hanya sebagai fasilitator, selebihnya apapun yang menjadi kesepakatan telah melalui proses alur patut untuk kemajuan bersama PGRI Riau,'' ujarnya.

Dia menambahkan, agenda selanjutnya adalah Pembentukan Pengurus, Rapat Kerja yang harus segera dilaksanakan agar dapat dilantik sehingga bisa menjalankan roda organisasi. (FJ)