VOXEdu

Helat Anugerah Pendidikan Riau 2024 Sukses, Ini Nama Guru, Siswa dan Sekolah Penerima Anugerah

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 21 Mei 2024 06:34 WIB
Pj. Sekda Riau Indra menyerahkan tropi kepada Drs. H. Hasan Masri sebagai penerima Anugerah khusus sebagai guru pengabdian seumur hidup.

PEKANBARU (VOXindonews) – Helat puncak Anugerah Pendidikan Riau 2024 yang digelar Dewan Pendidikan Provinsi Riau (DPPR) berjalan sukses. Ratusan guru, siswa, pemerhati pendidikan dan tokoh masyarakat memenuhi dan tumpah ruah di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Senin (20/5/2024) pukul 13.30 hingga 16.00 WIB.

Tampak hadir Pj Sekdaprov Indra SE MSi MM, Ketua Komisi V DPRD Riau Robin P. Hutagalung, Ketua Harian LAMR Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Plt Kadisdik Riau Roni Rahmat, Asisten III Pemko Pekanbaru Samto, Ketua PGRI Riau Adolf Bastian Tambusai serta PGRI Kabupaten kota serta pimpinan beberapa kepada OPD Pemprov dan Pemko Pekanbaru.

Bahkan, diketahui hampir semua kepala sekolah SMA, SMK, Satgas Pantas, Forum Komite SMA dan SMK Riau, Tanoto Foundation, sponsor dari RAPP, Indah Kiat, BRK Syariah, PTPN IV, Unilak dan beberapa pimpinan organisasi media dan Pers juga ikut menyaksikan.

Kegiatan ini memang menyita perhatian publik terutama di satuan pendidikan. Sebab, nominator dan penerima anugerah dari 6 (enam) kategori award memang dipandang cocok dan sesuai dengan pengabdian mereka selama ini.

Puluhan nominator yang sudah ditetapkan tim Juri dari DPPR sudah dikenal kiprahnya oleh masyarakat luas. Misalnya, Anugerah untuk Guru Terpencil yang Menginspirasi diberikan kepada Yeni Eliza, Guru SDN Inhil.

Lalu, Ekskul Pilihan diraih Marching Band Bahana Cendana Kartika dari SMA Cendana Rumbai, Pustaka Sekolah Terbaik 2024 direbut MAN 1 Kuansing, SMKN 1 Pangkalan Kerinci dan SMAN 7 Pekanbaru.

Sedangkan Kepala Sekolah Pilihan 2024 disematkan kepada H Tavip Tria Candra Spd MM, Kepala SMAN 8 Pekanbaru. Siswa Terbaik dan Nilai Tertinggi 2024 untuk tingkat SMA diraih Muhammad Lutfhi dari SMAN 1 Pekanbaru, untuk SMK direbut Zumriati Ningsih dari SMKN 1 Pangkalan Kerinci, dan untuk MA disabet Khairul Umam, siswa MAN 2 Pekanbaru).

Selain itu, juga diberikan satu anugerah khusus untuk pengabdian seumur hidup tokoh pendidikan yang diterima oleh Drs H Hasan Masri, mantan Kepsek SMAN 6/SMPP 49, SMA Plus yang kini konsultan sekolah binaan RAPP.

Helat Anugerah Pendidikan Riau 2024.

Pj Sekdaprov Riau Indra SE Msi MM menyebut kegiatan yang ditaja Dewan Pendidikan Provinsi Riau ini haruslah sering-sering dilakukan, sebab pengabdian para guru ini harus diberikan apresiasi.

‘’Saya kita sebuah kegiatan yang bagus. Ini pertama kali dilakukan di Riau dan sebaiknya menjadi agenda rutin. Saya kita ini langkah yang bagus,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan program-program yang dilakukan Pemprov Riau, baik mengenai IPM, pembangunan sekolah baru, penyaluran Bosda, beasiswa, rehab dan pegembangan sekolah yang terus saja dilakukan.

‘’Bahkan tahun ini beberapa sekolah baru akan dibangun. Juga penambahan ruang kelas baru. Ini jadi program berkelanjutan,’’ paparnya lagi.

Dalam pada itu, Ketua Dewan Pendidikan Riau Prof Dr Junaidi SS Mhum PhD mengungkapkan berbagai agenda dan kegiatan Dewan Pendidikan Riau selama ini. Dia merinci soal tugas dan tanggung jawab lembaga ini.

‘’Jadi Dewan Pendidikan ini menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah. Kami memang  di SK-kan Gubernur, dimana menjembatani kepentingan masyakarat. Makanya untuk beberapa masalah Gubri langsung minta untuk turun ke daerah-daerah dan setelah itu hasilnya disampaikan kepada Gubri,’’ jelasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Anugerah Pendidikan Riau 2024 H Fithriady Syam menyampaikan bahwa event ini memang menjadi salah satu program Dewan Pendidikan Riau yang sudah dirancang sejak lama. Bahkan nominator banyak yang berasal masukan berbagai pihak, hasil survey lapangan secara langsung, maupun mengikuti perkembangan di media massa dan sosial.

‘’Antusias satuan pendidikan dan masyarakat pendidikan memang luar biasa. Sejak awal hingga akhir pengumunan nominator terlihat meriah, Bahkan sesekali siswa dan perwakilan yang masuk nominator maupun terpilih bersorak gembira. Apalagi hadiah yang diberikan para sponsor terbilang menarik, hingga mencapai Rp29 juta. Kegiatan ini akan kami upayakan bisa dilaksanakan setiap tahunnya,’’ katanya.

Adapun sposnsorship yang memberikan dukungan di acara ini seperti Bankriaukepri Syariah, PT RAPP, PGRI, PT IKPP, Unilak, PTPN 4 Palmco, juga memberikan komitmen dan membuat nota kesepahaman untuk peningkatan mutu pendidikan di Riau.

‘’Mudah-mudah usaha dan kinerja sponsorship makin sukses, sehingga bisa memberikan hadiah yang lebih besar di tahun mendatang,’’ jelas Fithriady Syam yang disambut riuh pengunjung.

Beberapa kepala seolah menganggap kegiatan ini memiliki makna yang strategis. Misalnya akan memberikan motivasi bagi guru, anak didik, ekskul, perpusatakaan sekolah untuk makin berbenah dan menggapai hal yang terbaik. (FJ)

Anugerah Pendidikan Riau 2024 Dewan Pendidikan Riau Disdik Riau Nama-nama penerima Anugerah Pendidikan Riau Riau VOXindonews