VOXRiau

Giliran Makam Arifin Achmad Diziarahi LAM Riau

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 10 Juni 2024 07:40 WIB
Pengurus LAMR Riau mengunjungi makam mantan Gubernur Riau Arifin Achmad di Jakarta.

JAKARTA (VOXindonews) - Giliran makam almarhum Datuk Seri Brigjen TNI Arifin Achmad yang dikunjungi LAMR Provinsi Riau dan Badan Perwakilan LAMR Jakarta, Jumat (7/6/2024).

LAMR yang dipimpin Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf, disambut salah seorang anak almarhum Sonia, yang didampingi anak dan cucunya.

Ziarah itu merupakan rangkaian kegiatan milad LAMR ke-54 yang jatuh 6 Juni. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Sekretaris Persatuan Masyarakat  Riau Jakarta (PMRJ) Syuhada. Selain itu anggota DPR RI Dapil Riau I Dr.Achmad, M. Si.

Almarhum Arifin Achmad, yang juga Gubernur Riau pada masanya, mencetus berdirinya lembaga adat. Hal ini dimaksudkannya untuk membangkitkan batang terendam. Para pendatang diminta untuk menerapkan pepatah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Setelah melakukan tabur bunga dan  air dilanjutkan do’a untuk arwah almarhum, agar Allah melapangkan kubur, menghapus dosa-dosa almarhum,  menjadikan kuburnya sebagai taman surga. Sementara keluarganya yang masih hidup selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Pada kesempatan itu pula ahli waris almarhum, Puan Sonia, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan perhatian LAMR kepada almarhum yang telah menziarahi. Sebelumnya, LAMR  juga telah menganugerahi Gelar Kehormatan Adat Istimewa kepada beliau. LAMR  tidak melupakan jasa-jasanya.

Menurut Sonia, di masa hidup, orangtuanya itu  sangat disiplin dan selalu mengingatkan akan perlunya melestarikan adat istiadat Melayu.  Beliau selalu memutar lagu Melayu dan menyantap masakan Melayu serta menggemakan tenunan Melayu (Siak).

Puan Sonia berpesan agar teruslah melestarikan adat istiadat dan budaya Melayu, jangan sampai tergerus dan hilang. “Kepada Datuk-datuk di LAMR tetap semangat,” katanya sambil mengucapkan Selamat Milad LAMR ke 54 th.

“Masih ada beberapa makam tokoh LAMR yang hendak kami ziarahi. Insyaallah,  akan selesai pekan depan, “ kata Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil. (FJ)

LAMR Arifin Achmad Milad LAMR Ziarah Kubur Taufik Ikram Jamil VOXindonews Jual Beli Online Shopee