VOXEdu

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Pencegahan Stunting : Cegah Stunting Itu Penting

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 19 Agustus 2024 21:59 WIB
Sosialisasi pencegahan stunting bersama ibu-ibu.

SURAKARTA (VOXindonews) - Stunting adalah masalah kesehatan pada balita yang sangat berdampak pada pertumbuhan dan pembangunan manusia. Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, memiliki kasus stunting tetapi tidak terlalu tinggi.

Kondisi stunting dapat berpengaruh berbagai sektor dan dampaknya jangka panjang untuk balita tersebut, seperti hambatan pada pertumbuhan, adanya penurunan kemampuan kognitif serta mental balita, balita lebih rentan terhadap penyakit, dan masih banyak hal lagi.

Untuk mencapai target penurunan stunting, diperlukan kolaborasi antar lembaga untuk dapat mengoptimalkan program intervensi agar diterima oleh sasaran.

Untuk turut berkontribusi dalam upaya penanganan stunting, Tim KKN II Universitas Diponegoro (Undip) 2023/2024 menyusun program kerja yang menyasar seluruh lapisan masyarakat yang memiliki pengaruh terhadap kasus kejadian Stunting.

Tim KKN II Universitas Diponegoro Kelurahan Purwosari terdiri dari Dhiya Nasywa Ananda Giany, Syifa Ayu Kusuma, Rosita Uli Nadeak, Grace Puspita Hasibuan, Tweede Padma Sandra Hadiyanti, Fauzan Khalif Muhammad, Muhammad Nur Alam, Moh Shofiyuddin dan Dani Wirawan Candra, serta Dosen Pembimbing, Nurul Imani Kurniawati, S.E., MM, & Kukuh Prakoso S.Pi., M.Si.

Pembagian tablet tambah darah. 

Program Kerja ini membawa tema “Merdeka Stunting untuk Tumbuh Optimal Bersama Purwosari”. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan beberapa rangkaian acara. Diantaranya adalah Penyampaian Materi Kebiasaan Sehat dan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD)  kepada remaja putri, pelatihan pengukuran Antropometri yang menyasar kader Posyandu, dan Penyampaian psikoedukasi mengenai pengasuhan positif kepada ibu hamil.

Ketiga kegiatan ini dilaksanakan Selasa, (6/8/2024) di Pondok Pesantren Al-Muayyad dan Pendopo Kelurahan Purwosari. Program kerja ini diawali dengan Penyampaian materi mengenai “Kebiasaan Sehat Saat Ini untuk Cegah Stunting di Masa Depan” kepada remaja putri yang merupakan peserta didik kelas 8 dan 9 Pondok Pesantren Al-Muayyad.

Di akhir kegiatan di Pondok Pesantren ini, remaja putri diberikan TTD dan checklist hidup sehat untuk dapat diisi sehari-hari. Selanjutnya pada sore hari, kegiatan dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Purwosari dengan mengundang perwakilan kader setiap RW di Kelurahan Purwosari

Pelatihan pengukuran antropometri untuk memberikan bekal pada kader bagaimana melakukan pengukuran yang baik dan benar agar tidak terjadinya kesalahan dalam pendataan balita.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyampaikan edukasi kepada salah satu ibu hamil yang ada di Purwosari mengenai pentingnya pengasuhan positif serta responsif pada anak.

Dari 3 rangkaian kegiatan tersebut, masing-masing sasarkan pihak yang berbeda-beda. Mulai dari remaja putri, harapkan dari ilmu dan aksi pemberian TTD yang diberikan membentuk remaja putri yang sehat saat ini, yang kelak menjadi Wanita Usia Subur (WUS) dan ibu hamil yang sehat. Kelak, dapat ciptakan generasi baru yang juga sehat dan terhindar dari stunting.

Pelatihan Pengukuran Antropometri pada kader diberikan untuk memberikan wawasan kepada ibu kader dalam pelaksanaan pengukuran dalam Posyandu agar tepat dan teliti sehingga data yang tercantum merupakan data yang valid sebagai bekal dalam penegakan diagnosa stunting.

Pemberian edukasi kepada Ibu Hamil bertujuan untuk memberikan wawasan dan cara pandang yang baru dalam mengasuh anak. Pola asuh yang positif serta responsif akan kebutuhan dasar anak usia dini dapat membantu tumbuh kembang anak dan merangsang perkembangan optimal otak anak.

Meski sasaran yang dituju berbeda, program kerja yang dibawakan secara keseluruhan bertujuan untuk membangun potensi dan permasalahan yang ada yaitu stunting serta mengoptimalkan program yang telah ada sebelumnya dalam upaya penurunan dan penanggulanan stunting.

Sasaran diberikan buku panduan yang mencakup seluruh materi yang disampaikan agar dapat menjadi bekal dalam keberlanjutan program. Diharapkan program kerja yang menyasar berbagai lapisan ini dapat berdampak pada kesadaran kader, remaja, dan ibu hamil untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. (FJ)

Pencegahan stunting pemberian tablet tambah darat KKN Undip Kelurahan Purwosari Surakarta VOXindonews Jual Beli Online Lazada Shopee