VOXTourism

Indahnya Sunset di Tanah Lot jadi Favorit Wisatawan

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 10 Desember 2021 23:45 WIB
Wisatawan berpose dengan latar sunset dan pura Tanah Lot

DENPASAR (VOXindonews) - Pura Tanah Lot (aksara Bali: ᬧᬸᬭ​ᬢᬦᬄᬮᭀᬢ᭄) adalah salah satu Pura (Tempat Ibadah Umat Hindu) yang sangat disucikan di Bali. Destinasi wisata ini menjadi favorit wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Paling indah menyaksikan matahari terbenam (sunset) di Tanah Lot. Rombongan studi jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau sengaja mengejar momentum itu, Jum'at (10/12) petang.

Mereka mencari posisi pengambilan foto yang tepat dan menarik. 'Teras Sunset'  pilihan yang tepat karena berada agak ketinggian. ''Di sini kita bisa dapatkan sunset sekaligus pura Tanah Lot,, '' kata Muhammad Ikhwan, anggota PWI Riau.

Bambang Irawan Saputra, anggota PWI Riau yang lain, mengajak kawan-kawannya menunggu momen itu. Apalagi ketika matahari merah sudah tinggal setengah. Satu per satu kawannya mengambil foto. ''Ayo, waktunya pendek, cepat gantian, '' serunya.

Di Tanah Lot ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah di Pulau Bali.

Sebagai destinasi wisata, Pulau Bali tidak hanya memiliki keindahaan alam, tetapi juga menawarkan banyak keindahaan arsitektur serta keunikan budaya. Salah satu keindahaan arsitektur ditemukan pada pura Tanah Lot di desa Braban, Kabupaten Tabanan Bali.

Pura Tanah Lot sangat terkenal ke mancanegara. Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar atau berkunjung ke obyek wisata Pura Tanah Lot. Keindahan sunset Tanah Lot Bali di sore hari, menjadi daya tarik utama wisatawan berlibur ke tempat wisata Tanah Lot Bali.

Pura Tanah Lot terletak di atas batu karang, berjarak sekitar 300 meter dari garis pantai. Karena lokasinya berada di lepas pantai, maka deburan ombak pantai Tanah Lot Tabanan akan menerpa batu karang.

Karena pura Tanah Lot berada di area lepas pantai, maka untuk dapat mengakses pura akan melewati jalan batu pada saat air laut surut. Dari lokasi batu karang, untuk mencapai pura, pengunjung harus menaiki anak tangga batu.

Di dalam area batu karang terdapat beberapa goa kecil yang didalamnya dihuni beberapa ular berwarna belang putih hitam. Ular belang putih hitam ini bagi masyarakat lokal disebut sebagai ular suci Tanah Lot Bali.(FJ)