VOXAndalas

Tahun Baru : Bukittinggi Dipadati Pengunjung, Jalan-jalan Macet

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 01 Januari 2022 22:22 WIB
Pengunjung memadati Pasa Ateh Bukittinggi

BUKITTINGGI (VOXindonews) - Hari pertama tahun baru, 1 Januari 2022, Kota Bukittinggi, Sumbar, penuh sesak oleh pengunjung. Mereka memadati pusat-pusat wisata dan pusat belanja. Sejumlah ruas jalan menuju pusat kota macet.

Hasil pantauan VOXindonews, Sabtu (01/01), sejak pagi tempat-tempat wisata sudah didatangi pengunjung. Mulai Ngarai Sianok, Taman Panorama, Lobang Japang, Kebun Binatang, Benteng Fork de Kock, sampai ke Jam Gadang.

Di Ngarai Sianok, misalnya, pengunjung bahkan ada yang menginap di homestay Inyiak Cottage. Mereka menghabiskan suasana malam tahun baru di sana. ''Sayang tadi malam hujan tak berhenti, '' kata pemilik cottage.

Para pengunjung paginya menikmati jalur sungai (batang) Sianok. Sayang airnya keruh karena pengaruh hujan semalaman. Mereka memakai motor roda empat (ATV) untuk mengarungi pinggiran sungai. Sewanya Rp 50.000 per setengah jam.

Di pintu Lobang Jepang pengunjung antri membeli tiket dan menunggu giliran diantar masuk ke dalam. Lobang Jepang punya sensasi tersendiri karena gelap penuh stalagnit dan stalagtit. Begitu pula antrian masuk Taman Panorama.

Selain itu Kebun Binatang juga padat pengunjung. Binatang masih cukup terpelihara dengan baik. Setelah menyaksikan berbagai binatang di kebun binatang, pengunjung menyeberang ke Benteng  melewati Jembatan Limpapeh. Begitu pula sebaliknya.

Pusat-pusat perbelanjaan sesak. Pasa Lereng, Janjang Gudang, Pasa Ateh, Jalan Mingkabau, sampai Ramayana. Demikian pula pusat jajan makanan. Nasi Kapau, sate dan ampiang dadiah.

Pusat kaos kata-kata khas Minang Kapuyuak juga dipadati pengunjung. Mereka berebut memilih produk terbaru dengan kata-kata yang unik dan menarik. ''Namun stok udah agak kurang pak, '' kata pemilik Kapuyuak.

Jalan-jalan menuju Pasar Atas juga macet. Sulit mencari tempat parkir yang sudah penuh sejak pagi. Pengendara berbelok ke arah Pasar Bawah, namun makin macet karena sedang ada proyek gorong-gorong.

Sementara wisatawan yang mau datang ke Kota Wisata Bukittinggi terus mengalir. Apalagi masih hari libur sampai Minggu (2/1) besok. Di Sumbar malah libur mulai Senin (3/1) lusa. ''Kami OTW Bukittinggi bang, '' kata Fitrah Dayun, warga Pekanbaru yang mau menuju Bukittinggi.

Fitrah mengejar libur akhir pekan bersama keluarga. Tujuannya hanya Bukittinggi dan sekitarnya. ''Ke Sumbar hanya mengejar kuliner  bang, '' ujarnya sambil minta rekomendasi tempat makan yang enak.(FJ)