VOXKampar

Pulang Kampung ke Riau, Mendagri Malaysia Nikmati Makan 'Bejambau'

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 25 Januari 2022 22:04 WIB
Mendagri Malaysia Dato' Seri Hamzah menikmati makan bejambau

AIR TIRIS (VOXindonews) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia Dato' Seri Hamzah bin Zainuddin pulang ke kampung halamannya di Air Tiris,  Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (25/1). Dato Seri Hamzah menikmati makan bejambau alias berhidang sebagai adat Kampar.

Inilah kunjungan pertama kali Dato' Seri Hamzah ke kampung halamannya. Pejabat penting negara jiran itu kelahiran Perak, Malaysia, 12 Maret 1957. Kunjungan ini untuk mengenang asal-usul keluarganya yang berasal dari Air Tiris, Kabupaten Kampar. 

Dalam kunjungan itu, Dato' Seri Hamzah didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan  Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Kedatangan Dato' Seri Hamzah disambut Ketua Kampung Air Tiris dan  tetua adat setempat.

Pada pertemuan ini Dato' Seri Hamzah mengaku sangat bahagia mendapatkan sambutan hangat, mulai dari ketibaan di Provinsi Riau yang di sambut langsung Gubernur Riau, dan disambut meriah di Komplek Masjid Jami' Air Tiris. 

"Saya senang sekali pada hari ini, dan tidak menyangka kedatangan saya disambut semeriah ini,'' ujarnya.

Awalnya, kata Dato', kedatangan  ke Air Tiris sengaja diam-diam, sekedar mengunjungi kampung halaman dari neneknya. ''Nenek saya berasal dari sini, dan dibawa olehnya merantau ke Malaysia. Senang sekali rasanya bisa bertemu tokoh-tokoh terkemuka di sini,'' ucap pria berambut putih itu.

Mendagri Malaysia Dato Seri Hamzah disambut Gubernur Riau Syamsuar

Lebih lanjut Dato' Seri Hamzah menyampaikan kekagumannya terhadap seni bangunan arsitektur Masjid Jami' Air Tiris. Ini bukti orang Riau hebat.

"Di sini kita boleh saksikan bahwasanya orang Riau itu Hebat. Terbukti dari dahulu lagi,  dibangunan masjid ini yang kokoh berdiri sejak ratusan tahun lalu sekitar 1901, sampai sekarang masjid Jami' ini masih berdiri kokoh. Ini menandakan orang-orang dulu hebat di zamannya. Kita pertahankan ini," ujar  Dato' Seri Hamzah.

Dato' Seri Hamzah menghimbau kepada saudara-saudara yang hendak bekerja di Malaysia, dipersilakan. Namun yang terpenting masuk secara undang-undang atau legal, jangan masuk secara illegal.

"Memang di Malaysia beberapa jenis pekerjaan lebih banyak, silahkan saudara-saudara yang nak bekerja di Malaysia, namun mesti terbuka mengikut kaedah undang-undang,'' ujar Dato' Seri Hamzah.

Pada kesempatan itu Dato' Seri Hamzah turut menyerahkan sejumlah uang tunai untuk bantuan bagi pengurus masjid, dan untuk melaksanakan kenduri mendoa bagi leluluhur terdahulu. 

Usai memberikan sambutan, Dato' Seri Hamzah bersama Gubernur Riau dan bupati Kampar dijamu untuk makan bejambau khas Air Tiris. 

Dalam kunjungan Dato' Seri Hamzah itu, terlihat juga Kadis Kebudayaan Riau Yoserizal Zen dan Kadis Pariwisata Riau Roni  Rahmat serta beberapa pejabat Forkompinda Kampar. (FJ/MCR)