VOXKuansing

Danrem 031/Wira Bima Diberi Gelar Sumondo 'Panglimo Kayo'

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 05 Februari 2022 23:02 WIB
Brigjen TNI M. Syech Ismed Panglimo Kayo foto dengan ibunda, Bupati Kuansing dan kolega

TELUK KUANTAN (VOXindonews) - Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han diberi gelar Panglimo Kayo sebagai rang sumondo  Kenegerian Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Sabtu (5/2/2022). Pemberian gelar itu dilakukan dalam Olek Godang Malokek Golar Rang Sumondo yang dutaja Limbago Adat Nogori Kuantan Singingi di Komplek Rumah Godang Kenegerian Teluk Kuantan, Karak.

Prosesi pemberian gelar itu diawali dengan penyambutan rang sumondo, mengaku induak (bainduak) ke suku limo, mengantar rang sumondo, masuk rumah (godang) suku nan ompek, pemberian gelar rang sumondo, mengarak rang sumondo Panglimo Kayo ke halaman  komplek Rumah Godang.

Pemberian gelar ini jamak dilakukan kepada laki-laki yang menikah dengan perempuan asal Kenegerian Teluk Kuantan. Istilah adatnya, ''Kenek banamo, godang bagolar''. Artinya, ketika masih kecil dan belum kawin, dipanggil nama. Tapi setelah menikah wajib dipanggil gelar.

Hadir pada pemberian gelar itu Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Ketua BPH LAMR Pelalawan Datuk T. Zulmizan F. Assagaff, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Ketua Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru dr. Taswin Yacob, pengurus Forum Masyarakat Kuantan Tengah (FMKT) Pekanbaru, Datuk Bisai Mudo, Ninik Mamak, Alim Ulama, pejabat pemerintah dan masyarakat. 

Brigjen M. Syech Ismed Panglimo Kayo yang beristrikan Fitri Rubianti merasa bersyukur dan berterima kasih atas pemberian gelar sumondo ini. ''Ini sesuatu yang sangat luar biasa. Saya mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada datuk, ninik mamak, lembaga adat, dan masyarakat Kuantan Singingi, yang telah memberi gelar ini,'' ujarnya.

Syech Ismed berjanji akan memberikan yang  terbaik untuk masyarakat Kuansing. ''Saya bersama-sama masyarakat Kuansing akan berupaya dengan sekuat tenaga untuk memajukan Kuansing yang kita cintai,'' tegasnya.

Pria yang murah senyum itu memohon doa kepada seluruh masyarakat Kuansing agar apa yang dipercayakan kepada dirinya ini dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan tentu kepada Allah SWT.

Brigjen Syech Ismed yang dua minggu lagi akan pindah tugas sebagai Kapoksahli Kodam Iskandar Muda Aceh mohon izin kepada masyarakat Kuansing. ''Selaku urang sumondo, mohon doa agar kami bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Walaupun jauh, hati saya ada di sini. Saya sudah menjadi urang Kuansing,'' tuturnya.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby Datuak Panglimo Dalam berharap agar Brigjen M. Syech  Ismed Panglimo Kayo bisa sama-sama memberikan pemikiran  untuk membangun Kuansing.

''Kami mengharapkan pemikiran dari   Brigjen Syech Ismed Panglimo Kayo untuk sama-sama membangun Kuansing. Kita doakan pada suatu saat nanti Brigjen Syech Ismed betul-betul menjadi Panglima,'' ujarnya. (FJ)