VOXArtCulture

Buka Festival Lampu Colok, Gubernur Riau : Warisan Budaya Ini Harus Dilestarikan

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 29 April 2022 06:20 WIB
Festival lampu colok resmi dibuka Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU (VOXindonews) - Gubernur Riau Syamsuar tahun ini megadakan kembali Festival Lampu Colok untuk meriahkan penghujung malam bulan Ramadhan di Kediaman Gubernur Provinsi Riau Pekanbaru, Kamis malam (28/04).

Perlu diketahui, festival lampu colok ini juga di nyalakan didepan halaman perkantoran Pemprov Riau dan kegiatan ini diperlombakan antar OPD Pemprov serta antar seluruh kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru.

Saat Gubri melakukan peninjauan ke lokasi lampu colok, ia mengatakan bahwa sebagaimana adat Melayu dari masa dulu dimana saat penghujung puasa selalu dinyalakan lampu colok untuk menerangi malam tersebut.

“Alhamdulillah malam ini telah dinyalakan ya, ini merupakan budaya dari masa dulu  dimana lampu colok ini telah masuk ke dalam daftar warisan budaya nasional,” katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini menambahkan dengan diadakannya festival lampu colok ini tentunya untuk melakukan pelestarian budaya yang identik dengan ciri khas Melayu.

“Tahun ini dengan diadakannya perlombaan festival lampu colok semoga nantinya agar tumbuh anak-anak kreatif dalam rangka membudayakan dan melestarikan lampu colok di bumi Riau kita ini,” ungkapnya.

Gubri Syamsuar juga berharap kegiatan lampu colok ini akan terus dilaksanakan dari masa ke masa dan semakin luas menyalanya di setiap daerah Riau.

“Semoga kegiatan ini terus dijalankan sepanjang masa tidak hanya ada di kota Pekanbaru dan Bengkalis, semoga dilaksanakan ke setiap daerah di Riau,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, terlihat warga Pekanbaru antusias menyaksikan meriahnya lampu colok yang berbentuk masjid tersebut. (FJ/MCR)