VOXSport

Riau Kirim 420 Atlet ke FORNAS di Palembang, Doni : Kami Tetap Berharap Bantuan Gubernur

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 25 Juni 2022 21:45 WIB
Doni Aprialdi, Ketua KORMI Provinsi Riau

PEKANBARU (VOXindonews) - Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Riau mengirim 420 atlet dan official dari 23 induk olahraga (inorga) ke  Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VI, di Palembang, Sumsel, 1-7 Juli 2022. Namun sampai hari ini belum ada bantuan, baik dari pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya.

''Kita tetap berharap bantuan dari Pak Gubernur dan pihak-pihak lain seperti swasta, BUMN maupun BUMD. Proposal sudah kita kirimkan,'' ujar Ketua KORMI Riau H. Doni Aprialdi, SH, MH kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu (25/6/2022).

Menurut Doni, FORNAS ini seharusnya dilaksanakan tahun 2021 lalu. Namun karena pandemi Covid 19, ditunda jadi tahun ini. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dispora Riau agar biaya keberangkatan dapat dibantu melalui APBD Riau.

Awalnya, proposal sebesar Rp 4 miliar dengan catatan naik pesawat. Setelah diverifikasi, dikurangi jadi Rp 450 juta karena naik bus. Bahkan ketika diusulkan ke Bappeda Riau jadi Rp 400 juta. Namun setelah APBD disahkan, dana FORNAS ini hilang dari APBD Riau.

Namun, kata Doni, setelah dirapatkan dengan inorga, bukan menyurutkan tekad mereka untuk berangkat. Malahan makin semangat berangkat dengan biaya masing-masing. ''KORMI tentu tak mungkin lepas tangan,''  ujarnya.

Akhirnya disepakati ikut dan berangkat ke Palembang memakai bus. Pihak KORMI telah mencarter lima bus, dan selebihnya mobil pribadi. ''Saya panjar aja dulu, biar atlet bisa berangkat. Soalnya bus juga susah masa liburan ini,'' kata Doni.

KORMI Riau menargetkan memperoleh medali dan jadi juara. Sebab, kata Doni, mereka mengikuti 23 indorga dari 52 indorga yang dipertandingkan. Apalagi para atlet telah latihan setahun lebih. ''Kita yakinlah bisa juara dan meraih medali,'' ujarnya.

KORMI dulunya bernama FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Tapi  setelah Munaslub 2021 dan terbentuknya UU No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, FORMI diubah jadi KORMI dan menghilangkan kata rekreasi.

Menurut Doni, KORMI  mendukung kebijaksanaan nasional Disain Besar Olahraga Nasional (DBON). KORMI ikut mewujudkan  Indonesia Bugar 2045.

''KORMI adalah ujung tombak di setiap daerah dalam memasyarakatkan  olahraga dan mengolahragakan masyarakat,'' kata mantan Kadispora Riau itu.

Dari 23 inorga yang akan diikuti Riau, diantaranya Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia, Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia,  Ikatan Langkah Dansa Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia, B Boyindo, Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia, dan  Persatuan Raga dan Fisik Indonesia. (FJ)