VOXPolitic

Lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan, Ini Tiga Calon Anggota Bawaslu Riau

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 18 September 2022 11:00 WIB
Alnofrizal, Amiruddin Sijaya dan Nanang Wartono

PEKANBARU (VOXindonews) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengumumkan nama-nama yang lulus uji kelayakan dan kepatuhan (fit and proper test) untuk anggota Bawaslu Provinsi Riau periode 2022-2027.

Berdasarkan pengumuman Nomor 316/KP.01.00/K1/09/2022 tanggal 17 September 2022 , nama-nama calon anggota Bawaslu Provinsi Riau yang dinyatakan lulus uji kelayakan dan kepatutan periode 2022-2027 adalah Amiruddin Sijaya, Alnofrizal dan Nanang Wartono.

Amiruddin Sijaya adalah calon incumbent. Sebelum menjadi anggota Bawaslu, dia adalah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru. Sedangkan Alnofrizal sekarang masih anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau untuk periode kedua kalinya.

Sementara Nanang Wartono adalah pendatang baru di Bawaslu Riau. Dia sebelumya adalah anggota Bawaslu  Kabupaten Pelalawan.

Ketiga calon anggota Bawaslu Riau yang lulus ini adalah pengganti tiga anggota yang berakhir masa tugasnya yakni Rusidi Rusdan, Neil Antariksa dan Gema Wahyu Adinata. Dua anggota lagi yakni Amiruddin Sijaya dan Hasan akan berakhir masa tugasnya Juli 2023.

Anehnya, Amiruddin Sijaya walaupun belum berakhir masa tugasnya, ikut seleksi pengganti koleganya. Tidak ada aturan yang menghalangi  dia untuk ikut seleksi. Hanya saja, tentu dia harus mundur dari periode yang lama, sebelum  dilantik di periode yang baru.

Sedangkan Alnofrizal menjadi sorotan publik karena baru beberapa bulan terpilih dan dilantik sebagai anggota KI Riau periode kedua. Sebelum menjadi anggota KI Riau, Alnofrizal dua periode pula sebagai anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau.

Banyak yang memperkirakan ketiga orang ini akan terpilih sebagai anggota Bawaslu Riau. Mereka kabarnya didorong oleh partai politik dan organisasi kemahasiswaan yang memiliki jaringan kuat di pusat.

''Nama yang lulus sesuai prediksi banyak pihak. Kok bisa ya? Betul juga komentar orang-orang asing. Kalau di Amerika, pemenang Pemilu bisa diketahui dua tiga jam setelah pencoblosan. Di Malaysia, yang terpilih jadi PM diumumkan malam hari setelah pencoblosan. Sedangkan di Indonesia, pemenangnya sudah diketahui sebelum hari pencoblosan. Rupanya ini diikuti juga seleksi jabatan publik lain seperti KPU, Bawaslu dll. Hebat Indonesia!!!,'' komentar netizen Helmi Burman, mantan Ketua PWI Riau mengomentari hasil seleksi Bawaslu Riau ini. (FJ)