VOXArtCulture

Ajang Kreativitas Seniman, Eddy A. Mohd Yatim Gelar Festival E-Craf di Dumai

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 23 Juni 2023 06:50 WIB
Eddy A. Mohd Yatim dengan latar Festival E Craf di Dumai

PEKANBARU (VOXindonews) - Anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Dumai, Bengkalis, Meranti, Eddy A Mohd Yatim, Sos, MSI mendorong spirit para seniman agar terus berkarya pasca pandemi. Melalui panggung Festival E Craf, sejumlah seniman Kota Dumai dirangkul meramaikan agenda ini di Bandar Bakau Binaan Datuk Darwis Dumai, 21-24 Juni 2023.

Kepada wartawan Eddy A Mohd Yatim, Sos, Msi menuturkan agenda ini adalah sebuah gagasan yang telah lama dicetusnya dengan beberapa tokoh seniman di Bandar Bakau, namun karena kesempatan dan waktu, momen ini baru terlaksana.

“Saya bersama Dinas Pariwisata Provinsi Riau, ingin seniman-seniman Riau khususnya kota Dumai, dapat bangkit, pasca himpitan pandemi lalu. Saya paham waktu dan ruang yang ada, harus dioptimalkan melalui karya-karya yang dapat memberikan hiburan, dan spirit baru dalam masyarakat, dan itu adalah tugas mulianya para seniman, dan karya anak-anak muda,'' kata Ketua Komisi I DPRD RIau itu, baru-baru ini.

Kepada wartawan Kadis Pariwisata Ronny Rahmad, SSTP, Msi mengatakan, ada sejumlah agenda dalam even ini akan ditampilkan, yakni Workshop Seni, Talkshow Kehutanan Wisata, Workshop Membatik, Workshop teater.

“Kami juga menjadikan momen ini untuk menggali gagasan melalui program dialog para pakar, seperti Prof Yusmar Yusuf, Dr Meyzi. Tema yang diusung yakni Mangrove Perkotaan (Urban Mangrove) dalam siasat kreativitas dan alert sistem kebencanaan; keserempakan kesadaran kosmik tentang ruang-ruang kreatif. Jadi tunggu apalagi, mari kita ramaikan,” ucap Ronny Rahmad, yang juga pernah menjabat sebagai Kadis Pariwisata Kabupaten Siak.

Tidak hanya itu, sejumlah artis-artis lokal akan turun meramaikan event ini. Woi Band, Orkes Melayu Pura Mahligai Teater Dumai, Qashidah al Istiqomah (Dumai), No Nick Name band (Dumai), Oktavio Gaundra and Youngster (Hip Hop Dumai), Limun (Kuansing), Teater Dumai, Gandara Band, Electra Band Dumai, Orkes Club (Dumai), Teater Selembayung (Pekanbaru).

Bahkan beberapa sanggar lainnya, Sanggar Seroja (Pekanbaru), Sanggar Bidara Dumai, Andre Febriato Komika Dumai dan Omok Siak.(FJ/Rls)