VOXEconomy

Program NASIHAT dan AKHLAK Beat Antarkan PHR Raih Best Culture dan Favorite Culture pada Culture Summit SHU 2024

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 21 Juni 2024 18:46 WIB
Para pekerja PHR yang mengikuti Culture Summit dan meraih Best Culture dan Favorite Culture.

JAKARTA (VOXindonews) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan bergengsi "Best Culture Program Subholding Upstream" dan “Favorite Culture Program Subholding Upstream” atas program NASIHAT dalam ajang Culture Summit SHU 2024 yang diadakan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina dengan tema “The Great Wonders of Culture”, 10-11 Juni 2024.

Program NASIHAT PHR ini merupakan salah satu dari puluhan program internalisasi AKHLAK yang mendaftar dan berhasil lolos menjadi 6 finalis untuk proses penjurian pada 10 Juni 2024. Selain NASIHAT, PHR juga memborong penghargaan lain yakni “Runner Up Culture Program Subholding Upstream” untuk program AKHLAK Beat dari PHR WK Rokan.

Pencapaian ini menjadi bukti komitmen PHR dalam menanamkan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang merupakan bagian dari budaya yang diperkenalkan Kementerian BUMN kepada seluruh karyawannya.

NASIHAT merupakan singkatan dari Naluri Operasi Handal dan Selamat. NASIHAT menjadi program keselamatan PHR WK Rokan untuk memperkuat pembawaan alami pekerja agar selalu bekerja dengan selamat serta mencegah kecelakaan yang dapat menimpa diri sendiri atau rekan kerja dengan pendekatan “Touch the Heart” dan dukungan dari keluarga.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream, Chalid Said Salim dalam sambutannya pada acara Culture Summit 2024, menyampaikan program ini merupakan upaya untuk melahirkan budaya berpikir kritis dan kolaboratif dalam menghadapi perubahan dan tantangan.

“Saya berharap kita menerapkan kinerja dengan budaya dan tata nilai AKHLAK yang baik, serta selalu mengedepankan faktor HSSE dalam bekerja. Saya pun berharap ajang ini bukan hanya menjadi ajang seremonial biasa, namun programnya dapat terus diterapkan dalam kinerja sehari-hari,” ujar Chalid.

Culture Summit ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat komitmen dan kolaborasi antara pimpinan, agen perubahan, dan elemen organisasi dalam menghadapi perubahan dan tantangan.

Chalid juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pimpinan kerja dan Agent of Change (AoC) yang telah terlibat aktif dalam penguatan AKHLAK dan berkomitmen untuk mendorong, mendukung setiap usaha mengkristalkan nilai-nilai AKHLAK ke dalam diri setiap Perwira.

Agent of Change dari Pekerja WK Rokan, Awang Joko Purnomo menungkapkan banyak manfaat program NASIHAT ini bagi para pekerja. “Benefit bagi kami yakni operasi WK Rokan yang selamat dan mengedepankan tata nilai AKHLAK, pekerja mendapat dukungan dari keluarga dalam menjalankan tugasnya dan meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan rekan kerja,” ujar Sr Coordinator HES Technical D&C WK Rokan ini.

Ia mengaku bangga bahwa salah satu inisiatif yang lahir di WK Rokan mendapat apresiasi dan dinobatkan sebagai Best Culture Program Subholding Upstream Pertamina. “Manajemen WK Rokan terus mendukung dijalankannya program NASIHAT ini,” tuturnya.

NASIHAT telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja dan budaya kerja di PHR. Program ini telah menghasilkan berbagai manfaat dalam mendukung operasi yang andal dan selamat.

Selain itu program AKHLAK Beat, yang meraih runner up, membuktikan bahwa penerapan digital dapat mempermudah deteksi dan pencatatan budaya AKHLAK melalui sebuah aplikasi yang mudah diakses melalui HP. Ini merupakan inisiatif baru dan unik di WK Rokan yang digunakan untuk memberikan umpan balik mengenai perilaku AKHLAK bagi setiap perwira PHR.

Dengan budaya AKHLAK yang baik PHR merepresentasikan citra positif BUMN agar dapat menjadi kekuatan positif untuk memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. (FJ/Rls)