VOXPolitic

Pilgubri : PKB ke Wahid, PKS ke SF. Hariyanto, PPP ke Nasir

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 09 Juli 2024 07:06 WIB
SF. Hariyanto dan Abdul Wahid.

PEKANBARU (VOXindonews) - Peta politik berubah cepat jelang pendaftaran Pilkada Serentak 2024 pada 27 Agustus 2024 mendatang. Perkembangan terakhir, PKB memberikan rekomendasi kepada Abdul Wahid, PKS akan memberikan SK kepada SF Hariyanto dan PPP kepada pasangan M. Nasir-Wardan.

Abdul Wahid yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau  kepada VOXindonews, Selasa (9/7/2024), membenarkan telah menerima surat rekomendasi. Menurutnya, tiket ini sebagai modal dirinya mengajak partai lainnya berkoalisi untuk berlayar di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) nanti.

"Sudah keluar (SK) dari DPP. Ini tentu modal bagi saya bersama partai koalisi lainnya dalam proses pencalonan di Pilgubri nanti," katanya.

Komunikasi politik berkoalisi dengan partai lainnya terus terus berjalan. Jumlah enam kursi PKB di DPRD Riau saat ini akan dapat digenapi menjadi 13 kursi sebagai syarat untuk maju pada Pilgubri nanti.

"Insya Allah kita optimis," ujar Wahid.

Meski begitu, dirinya masih menunggu hasil survei kedua yang diperkirakan paling lambat keluar awal Agustus nanti.

Hasil survei itu untuk melihat langkah apa yang akan dilakukan. Baik dalam rangka menentukan pasangan dan strategi politik. Hal ini juga menurut Wahid sekaligus akan menentukan arah peta politik dirinya soal di Pilgubri nanti.

"Kita lihat saja nanti. Paling lambat awal Agustus hasil survei sudah keluar," ungkap Wahid.

Wahid kembali menegaskan, bahwa dirinya akan tetap maju sebagai calon Gubri. Hal itu sudah disepakati dalam putusan partai. Kalau pun ada dinamika lainnya menurutnya sesuatu yang lumrah dalam politik.

"Apa saja bisa saja terjadi, semua orang bisa berspekluasi. Ini politik. Tapi saya tidak akan maju kalau nomor dua. Karena itu kita tunggu hasil survei nanti. Saya dalam politik ini harus rasional. Memang sekarang ini masih abu-abu. Walau pun begitu bayang-bayangnya sudah kelihatan. Alat ukurnya tentu kita lihat hasil survei itu nanti," papar Wahid.

PKS ke SF. Hariyanto

Sementara sumber VOXindonews yang layak dipercaya, Senin (8/7/2024), meyakini dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan diberikan kepada SF. Hariyanto yang kini masih Penjabat (Pj) Gubernur Riau.

Direncanakan, DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada SF. Hariyanto pada Rabu (10/7/2024) besok.

"Insya Allah SK dari DPP diserahkan Rabu besok di Jakarta,'' ujar sumber tersebut.

Sebelumnya sempat digadang-gadang Syamsuar yang akan mendapatkan dukungan PKS. Bahkan, mantan Gubernur Riau itu akan berpasangan dengan kader PKS Ustad Mawardi Muhammad Saleh.

"Syamsuar sudah diberi kesempatan DPP untuk memenuhi syarat, tetapi tidak bisa memenuhi, jadi dukungan diberikan pada SF, " paparnya tanpa bersedia merinci syarat dimaksud.

Penyerahan SK untuk M. Nasir dan Wardan dari PPP

PPP ke Nasir-Wardan

Sedangkan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada pasangan Bakal Calon (Balon) Muhammad Nasir dan HM Wardan untuk Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) periode 2024-2029.

Surat rekomendasi tersebut diserahkan di Kantor DPP PPP Jakarta oleh Wakil Ketua Umum, Rusli Effendi. Turut hadir sejumlah pengurus DPW PPP Riau, diantaranya dua Wakil Ketua Husaimi Hamidi dan Agusalim, Ketua Tim Penjaringan Kepala Daerah Afrizal.

Kemudian Iqbal Sayuti, satu-satunya anggota DPRD Riau terpilih dari  partai berlambang kabah. Tampak juga anggota DPRD Riau dari Demokrat Riau Agus Triansyah. Penyerahan surat rekomendasi ini untuk Nasir - Wardan ini tanpa dihadiri Syamsurizal, yang kini masih tercatat sebagai Ketua DPW PPP Riau.

"Penyerahan rekomendasi di Kantor DPP PPP kepada Nasir - Wardan," kata Ketua Tim Penjaringan DPW PPP Riau, Afrizal, Senin (8/7/2024).

Menurut Afrizal, penyerahan rekomendasi ini sudah melalui proses partai. Keputusan pemberian rekomendasi kepada Nasir-Wardan itu sudah final dan tidak akan berubah. Rekomendasi ini didasarkan pada komunikasi yang intens dan kelengkapan persyaratan dari pasangan Nasir-Wardan.

"Keputusan DPP bersifat mutlak dan harus dilaksanakan oleh pengurus DPW dan kabupaten kota," papar Afrizal. (FJ)

Pilgubri Pilkada Riau Abdul Wahid SF. Hariyanto M. Nasir Wardan PKB PKS PPP VOXindonews Lazada Jual Beli Online Shopee