VOXKuansing

Semarak HPN 2014, Pj. Sekda Buka Pentas Seni Randai Kuansing

Redaktur : Fendri Jaswir
Selasa, 16 Juli 2024 20:36 WIB
Pj. Sekda Kuansing dr. Fahdiansyah dan Ketua PWI Kuansing Desriandi Chandra membuka pentas seni Randai Kuansing.

TELUK KUANTAN (VOXindonews) - Menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau tahun 2024 yang dipusatkan di Kabupaten Kuantan Singingi, PWI Kuansing bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kuansing menggelar hiburan rakyat.

Sebanyak sepuluh grup Randai Kuansing, tampil secara bergilir di area Taman Jalur. Mereka tampil selama lima malam berturut-turut, 15-19 Juli 2024.

Pj Sekda Kuansing dr H Fahdiansyah SpOg didamping Kepala Dinas Kominfo Hendra Roza SSi, Kabid Komunikasi Nasrul, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra, membuka pentas seni hiburan rakyat Kuansing, Senin (15/7/2024) di area Taman Jalur. Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan tabuh.

Masyarakat Kuansing terlihat antusias. Bahkan, saat iringan musik Randai yang dimainkan grup Randai Sagiro dari Kecamatan Sentajo Raya dan Tunas Muda dari Kecamatan Benai, tarian Randai yang iringi piul dan syair lagu, menambah suasana semarak area Taman Jalur di kawasan Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Pj Sekda Kuansing, dr H Fahdiansyah, Kepala Dinas Kominfo Hendra Roza SSi, Kabid Komunikasi Nasrul, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra, ikut berbaur dengan masyarakat berjoget Randai.

Menurut Pj Sekda Fahdiansyah, kegiatan pentas seni Randai ini merupakan  kerja sama Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo bersama PWI Kuansing dalam menyemarakkan HPN Provinsi Riau di Kabupaten Kuansing mulai 15-19 Juli 2024.

Sementara untuk malam puncaknya akan berlangsung tanggal 20 Juli 2024 yang mendatangkan artis ibukota dan dilangsungkan di Lapangan Limuno Teluk Kuantan

Ia juga mengatakan, pemerintah dan masyarakat harus bangga, karena kegiatan HPN 2024 tentu akan memperkenalkan banyak budaya Kuansing, mulai dari pacu jalur, randai, kuliner dan khasanah budaya dan tradisi Kuansing lainnya.

"Para pelaku UMKM pun harus manfaatkan kegiatan ini untuk memperkenalkan produk makanan kepada tamu-tamu yang datang,” ungkap Pj Sekda Kuansing.

Kadis Kominfo Kuansing Hendra Roza didampingi Ketua PWI Kuansing, Desriandi Candra, mengatakan setiap malam, dua grup Randai yang tampil menghibur. Hiburan rakyat ini terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikan hiburan khas Kuansing ini.

Pagelaran hiburan Randai Kuansing ini, bertujuan untuk menyemarakkan sekaligus memperkenalkan khasanah budaya tradisional Kuansing.

Selain hiburan Randai Kuansing, ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan bersempena HPN Provinsi Riau. Seperti, ekspedisi jurnalistik 7-8 Juni lalu, Bimtek peningkatan kompetensi wartawan se Kuansing 18 Juli 2024, jalan sehat HPN tanggal 20 Juli dan malam puncak HPN 20 Juli 2024 malam.

Untuk pagelaran malam puncak HPN yang dipusatkan di Lapangan Limuno Teluk Kuantan bakal dihibur dengan penampilan artis asal ibu kota Jakarta. (FJ/Rls)

HPN 2024 PWI Kuansing PWI Riau Pentas Seni Randai Kuansing VOXindonews Lazada Jual Beli Online Shopee