VOXRiau

Muhammadiyah Maju karena Makmurkan Masjid, tapi Mulai Ditinggalkan

Redaktur : Fendri Jaswir
Rabu, 17 Juli 2024 11:26 WIB
Para petinggi Muhammadiyah Riau dengan Pimpinan LPCRPM PP Muhammadiyah.

PEKANBARU (VOXindonews) -  Kemajuan Muhammadiyah sesungguhnya adalah memakmurkan masjid. Ini yang sudah ditinggalkan warga Muhammadiyah mulai dari ranting dan cabang

Warga Muhammadiyah sebagian besar sudah kurang ikhlas memajukan perserikatan ini. Bahkan sudah banyak pindah pada pengajian kelompok lain.

"Karena masjid sebagai real Muhammadiyah tidak menarik lagi. Bahkan kaum muda banyak yang tidak tertarik," kata M Jamaludin Ahmad, Ketua LPCRPM PP Muhammadiyah pada Rakorwil Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid PWM Riau, Selasa (16/7/2024) di Kampus Umri Pekanbaru.

Jamaludin menegaskan mencapai itu semua pimpinan wajib mengadakan rapat sepekan sekali. Sehingga banyak permasalahan yang timbul dan bisa diselesaikan. Selama ini memang pertemuan ini yang kurang.

Jamaludin mengajak program baru sekarang yang berkembang gerakan subuh bersama keluarga. Gerakan ini berhasil mengajak anak dan istri memakmurkan masjid.

Berikunya kegiatan ekosistem dan relasi sosial Muhammadiyah. Kedekatan dengan warga dan relasi inilah yang dapat memajukan Muhammadiyah. Terutama infak yang diterima dari warga banyak membantu amal usaha Muhammadiyah.

Jamaludin juga banyak menerima pengaduan dari pimpinan ranting, cabang dan pengurus masjid. Banyak amal usaha, tanah wakaf yang tidak diselesaikan. Juga permasalahan dengan pengajian kelompok lain.

Dia yang mantan dari Polri banyak memberikan masukan, saran dan jalan keluar dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Dari diskusi yang dilakukan pada acara ini banyaknya kegagalan dakwah disebabkan banyak pimpinan dan ustadz hanya mencari uang, jabatan, popularitas dan kebencian.

Faktor ini yang menyebabkan gagalnya dakwah di Muhammadiyah. Begitu juga yang berdakwah di sekolah. Rasa berkorban masih kurang. Kalau gaji kecil mereka bisa saja keluar.

Warga dan pimpinan Muhammadiyah yang sudah pensiun juga kurang mau mengabdikan ilmunya. Padahal mereka bisa memajukan sekolah Muhammadiyah. Mereka tidak perlu gaji besar, karena sudah pensiun.

Perjuangan ini yang harus sudah ditumbuhkan untuk kemajuan Muhammadiyah yang berkelanjutan.

Ketua PWM Riau, Hendri Sayuti mengharapkan hadirnya ranting, cabang dan daerah se Riau dapat memberikan kemajuan pada Muhammadiyah kedepan.

Hendri mengajak mari secara bersama menyelesaikan permasalahan. Sehingga lima tahun kedepannya masalah Muhammadiyah di daerah sudah selesai. Tidak tiap tahun saja masalah ini disampaikan. (YHN)

LPCRPM PWM Makmurkan masjid LPCRPM VOXindonews Lazada Jual Beli Online Shopee