VOXEdu

Ajang Lomba Tingkat Provinsi dan Nasional, Sosiologi Fisip Unri Kembali Gelar Sosiologi Expo 2024

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 06 September 2024 16:33 WIB
Kegiatan Sosiologi Expo 2024 yang diselenggarakan Fisip Unri.

PEKANBARU (VOXindonews) -  Ikatan Mahasiswa Sosiologi, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri) kembali menyelenggarakan Sosiologi Expo di tahun 2024. Sosiologi Expo dilaksanakan secara rutin beberapa tahun terakhir dan kembali membawa ajang kompetisi ini pada season yang ke- V.

Acara ini diselenggarakan 10 - 13 September 2024 yang bertemakan "Merajut Kebhinekaan, Merangkul Masa Depan, Menciptakan Generasi Cendekia".

Kegiatan akan diawali dengan Pembukaan Resmi Seminar Nasional yang menghadirkan para pemateri unggul, diantaranya adalah Ir Dian Pratomo (CEO Muda Rumah BUMN), Yopi Pranoto S. Sos (Humas PT. Riau Petrolium), dan Yove Maulana (Area Marketing Associate Regional Sumatera 1 PT. Nutrifood Indonesia) dengan tema "Urgensi Membangun Jejaring Untuk Pengembangan Karir".

Acara ini diperkirakan bakal menarik partisipasi luas dari berbagai kalangan baik dari siswa, mahasiswa, Civitas Akademika FISIP Universitas Riau, Dosen, Kelembagaan FISIP, Masyarakat Luar, Serta Para Panitia Sosiologi Expo Season V

Kegiatan ini akan berlangsung dengan sangat meriah dan antusias para panitia dan peserta dan dibina oleh dosen Pembina Rina Susanti, S. Sos, M. Si dan diketuai oleh Nofrida Hanum.

Tujuan diselenggarakannya acara ini sebagai bentuk dari kepedulian  terhadap pendidikan serta menciptakan wadah prestasi bagi siswa, mahasiswa, dan umum yang bergengsi di kancah nasional seiring dengan Visi misi menuju Indonesia Emas.

Sosiologi Expo season V tahun ini akan menjadi acara yang spektakuler dengan mengadakan beberapa perlombaan yang bersaing terkhusus di Provinsi Riau hingga di kancah Nasional.

Beberapa perlombaannya yaitu, Olimpiade Sosiologi tingkat SMA se  Provinsi Riau, Cerdas Cermat Tingkat SMA se Provinsi Riau, Debat Siswa tingkat SMA se  Provinsi Riau, Debat Mahasiswa tingkat Perguruan Tinggi se  Nasional, Solo Song tingkat Umum se Pekanbaru, Karya Tulis Ilmiah tingkat Perguruan tinggi se-Nasional, Esai Tingkat Perguruan Tinggi se Nasional, Poster tingkat Siswa/Mahasiswa se-Nasional, Fotografi tingkat Umum se-Nasional, dan Video Kreatif tingkat Umum se-Nasional.

Dekan FISIP Unri Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos, M.Si dan Ketua Jurusan Sosiologi Dr. Achmad Hidir, S.Sos., M.Si mendukung penuh kegiatan ini dengan mempermudah segala fasilitas yang bisa digunakan untuk kebutuhan acara dimulai dari penyediaan ruangan, kebutuhan logistik dll. Sehingga panitia sangat terbantu dalam mempersiapkan acara semaksimal mungkin.

"Kami sangat mengapresiasi para panitia yang sudah bekerja keras dalam upaya mengsukseskan acara ini sehingga berhasil menarik minat para peserta untuk antusias mengikuti perlombaan dan bersaing dikancah nasional, untuk itu acara ini akan resmi dibuka pada tanggal 10 september 2024, maka dari itu semangat bersaing dan bertanding," ujar Ketua Jurusan Sosiologi FISIP Unri Dr. Achmad Hidir, S.Sos., M.Si.

Menurut ketua pelaksana Sosiologi Expo Season V, Nofrida Hanum, acara ini sudah memenuhi kriteria standar nasional. Dengan harapan ditahun mendatang dapat menjadi sebuah keberlanjutan (sustainability)  yang lebih luar biasa lagi dari tahun ini sebagai bentuk mendukung prestasi anak bangsa dengan menciptakan wadah prestasi yang bergengsi di kancah nasional.

“Kegiatan ini bahkan mampu untuk menunjang IKU Fakultas” tutur Wakil Dekan III FISIP Unri Dr. Saiman, S.IP., M.Si

Kegiatan ini tentunya telah bekerja sama dengan berbagai pihak yaitu, Pusat Info Lomba, Info Lomba Mahasiswa, Info Lomba & Beasiswa, Olimpiade.co, Event Kampus, Event Mahasiswa, Universitas Riau Cendekia sebagai media partner dan disponsori oleh Smartfren, Nutrihub, Oceando, Benings Pekanbaru, Hydrococo,, Rumah BUMN, Kahf, Own Project, Surya Agung, One Alumni, Amee Florist, Emina, Wardah. (FJ/Rls)

Sosiologi Expo 2024 Fisip Unri Mahasiswa Sosiologi VOXindonews Jual Beli Online Lazada Shopee