VOXRiau

Pecahkan Rekor Tumbangkan Golkar, DPP PDIP Tunjuk Kaderismanto Sebagai Ketua DPRD Riau

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 27 September 2024 19:14 WIB
Kaderismanto ditunjuk sebagai Ketua DPRD Riau oleh DPP PDIP.

PEKANBARU (VOXindonews) - DPP PDI Perjuangan mengesahkan dan menetapkan Kaderismanto sebagai pimpinan DPRD Provinsi Riau. Dengan demikian, kader PDIP dari Bengkalis itu akan menjadi Ketua DPRD Provinsi  Riau.

Pada Pemilu 2024 ini, PDIP berhasil memecahkan rekor sebagai pemenang di Provinsi Riau. PDIP menumbangkan Partai Golkar yang sudah mendominasi sejak zaman Orde Baru. PDIP meraih 11 kursi di DPRD Riau, mengalahkan Golkar yang puas dengan 10 kursi.

Penunjukan Kaderismanto sebagai pimpinan DPRD Riau tertuang dalam surat DPP PDIP No.6855/IN/DPP/IX/2024 tertanggal 25 September 2024 yang ditujukan kepada DPD PDIP Riau. Surat ini ditangdatangani langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Dalam surat itu diinstruksikan seluruh jajaran struktur partai dan anggota DPRD Riau dari PDIP untuk mengusulkan, mengamankan dan memperjuangkan Kaderismanto sebagai pimpinan DPRD Riau. Bagi yang tidak mengindahkan akan diberikan sanksi organisasi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Riau Zukri Misran saat dikonfirmasi wartawan membenarkan perihal surat tersebut. Ia memastikan surat itu memang benar dan dikeluarkan langsung oleh DPP PDI Perjuangan.

"Benar. Tentu saya imbau kepada seluruh Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Riau agar dapat mendukung kerja-kerja Ketua DPRD Riau yang akan diemban oleh Kaderismanto kedepan," ajaknya.

Putra Bengkalis

Kaderismanto merupakan putra pasangan Ridwan Ayang dan Raimah (Almarhumah). Ia lahir di Desa Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, pada 12 Oktober 1978.

Di politik, ayah tiga orang anak ini sudah memulai karirnya sejak tahun 1999. Ia memulai sebagai Ketua Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Batu Panjang hingga tahun 2000. Sejak saat itu sejumlah jabatan strategis pernah  diembannya.

Di antaranya Bendahara PAC PDI Perjuangan Kecamatan Rupat tahun 2002 sampai 2005, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Rupat tahun 2005 sampai 2010. Hingga diamanahkan menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Bengkalis tahun 2010 sampai 2020.

Pada 2019, Bang Kade -- begitu siapa disebut -- sempat merangkap jabatan sebagai pelaksana tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Riau. Dan saat ini, Kaderismanto di partai menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Riau.

Di DPRD, Bang Kade mulai duduk menjadi wakil rakyat pada tahun 2014-2020. Saat itu, ia dipercaya menjabat posisi Wakil Ketua DPRD Bengkalis. Bang Kade juga pernah maju sebagai calon Bupati Bengkalis pada 2020.

Saat itu, ia berpasangan dengan Iyeth Bustami yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketika itu, ia gagal meraih kursi orang nomor satu di Bengkalis. Pada 2024, Kade kembali maju sebagai Anggota DPRD Riau.

Ia berhasil duduk terpilih pada dapil Dumai, Meranti dan Bengkalis. Suara Kade juga cukup signifikan. Bahkan PDI Perjuangan berhasil mengirim tiga utusannya untuk duduk di DPRD Riau dari dapil tersebut. (FJ)

Tumbangkan Golkar PDIP Pecahkan Rekor Kaderismanto Ketua DPRD Riau VOXindonews Jual Beli Online Lazada Shopee