VOXTourism

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Ikon Wisata Bali ada di Uang Kertas Rp 50.000

Redaktur : Fendri Jaswir
Jum'at, 10 Desember 2021 22:41 WIB
Wisatawan berfoto dengan latar pura Ulun Danu Beratan Bedugul.

DENPASAR  (VOXindonews) - Studi jurnalistik  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau ke Bali, hari ini Jum'at (10/12), mengunjungi Danau Beratan, kawasan wisata Bedugul. Di tengah danau berada Pura Ulun Danu Beratan yang merupakan ikon Bali dan gambarnya terdapat di uang kertas Rp 50.000.

Sebelum mengunjungi Danau Beratan, rombongan PWI Riau sholat Jum'at dulu di Mesjid Al Hidayah, Bedugul. Mesjid ini berada di tepi jalan raya dengan anak tangga yang cukup tinggi. Dari luar mesjid besar ini terlihat megah.

Tempat wisata menarik yang berada tepat pada area pinggir Danau Beratan adalah pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Pura Ulun Danu Beratan, pura yang sangat unik karena lokasi pura berada di tengah danau. Pada saat air danau naik, pura Ulun Danu Beratan Bedugul akan terlihat terapung pada permukaan air danau.

Walaupun pulau Bali memiliki banyak objek wisata terkenal seperti tempat wisata Tanah Lot, pantai Kuta dan pura Luhur Uluwatu. Namun tempat wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul, selalu menjadi ikon pariwisata Bali. Jika anda pernah memperhatikan gambar lembaran mata uang Rp 50.000 yang lama, terdapat gambar pura Danu Beratan.

Pura Ulun Danau Beratan, bangunan puranya sangat mencirikan khas Bali. Yaitu bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut menyimbulkan kepercayaan umat Hindu di Bali, terhadap tiga dewa, yakni: Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat). Dewa Siwa (3 tingkat). 

Selain di tepi danau Beratan Bedugul, pura Hindu yang bernama pura Ulun Danu ada juga di tempat wisata Kintamani, kabupaten Bangli. Nama puranya adalah pura Ulun Danu Batur. Jadi anda jangan bingung antara kedua tempat wisata pura yang bernama mirip, karena berada di dua lokasi tempat wisata berbeda dan memiliki daya tarik berbeda.

Aktivitas favorit wisatawan saat liburan ke Danau Beratan Bedugul adalah foto dengan latar belakang pura tengah danau. Karena saking banyaknya wisatawan yang ingin memiliki foto dengan latar belakang pura, anda akan kesulitan untuk mengambil foto tanpa ada orang lain di samping anda. Cara menyiastinya adalah datang lebih pagi.

Pemandangan yang paling menarik yang dapat anda lihat adalah kabut yang terkadang terlihat dan terkadang hilang di atas permukaan danau. Apabila kabut turun, maka kabut akan menyeliputi area pura, danau serta pemandangan bukit.

Selain mengambil foto, banyak wisatawan menyewa perahu speed boat untuk mengelilingi danau Beratan, agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat.

Danau Beratan memiliki kedalaman air hingga 23 meter, jadi mohon berhati-hati saat menaiki speedboat di tengah danau. Untuk harga naik perahu atau harga sewa speed boat keliling danau Beratan Bedugul.

Sebagian dari rombongan PWI Riau menikmati asyiknya berspeedboat di tengah danau. Sebagian lagi hanya mengambil foto dengan latar pura Ulun Danu Beratan. Mereka juga mengambil foto di taman-taman bunga nan asri. (FJ).