VOXRiau

Ditetapkan 12 Orang Petugas Haji Daerah (PHD) Riau, Tidak Ada dari Unsur Wartawan

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 14 Mei 2022 14:25 WIB
Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin

PEKANBARU (VOXindonews) -
Kementerian Agama Provinsi Riau telah menetapkan 12 orang calon petugas haji daerah (PHD) tingkat Provinsi Riau tahun 1443 H/2022 M yang lulus seleksi. Mereka bertugas sebagai pelayanan kesehatan dan  pelayanan umum terhadap 2.290 orang calon jemaah haji Riau.

Nama-nama petugas haji daerah (PHD) itu tertuang dalam Surat Keputusan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Nomor : 315/tahun 2022 tanggal 13 Mei 2022 tentang penetapan peserta lulus seleksi calon PHD tingkat Provinsi Riau tahun 1443 H/2022 M. SK ini ditandatangani oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyudin.

Diantara PHD tersebut terdapat tiga orang pejabat dan tokoh agama Riau yakni Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Kepala Dinas Komunikasi , Informasi dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya dan Ketua Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Riau. T. Rusli Ahmad. Ketiganya bertugas sebagai pelayanan umum.

Enam orang lainnya untuk layanan umum adalah Yulhairi (anggota Polres Pelalawan), Muhammad Ashsubli (dosen STIE Syariah Yayasan Bangun Insani Bengkalis), Syarifuddin Zuhri (wiraswasta, Kunto Darussalam, Kampar), Ngatino Eko Prawiro (wiraswasta, Mandau, Duri), Muhammad Sulaiman (wiraswasta, Umban Sari, Pekanbaru), dan Hasbirullah (Kepala KUA Payung Sekali, Pekanbaru).

Sedangkan tiga orang lagi bertugas sebagai pelayanan kesehatan. Mereka adalah T. Fadhilah (perawat penyelia Puskesmas Bagan Baru), Indrawan (dokter spesialis bedah RSUD Dumai), dan Hendra Eko Putra (dokter RSUD Petala Bumi, Pekanbaru).

Melihat nama-nama yang lolos seleksi PHD ini, jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama mereka yang bertugas sebagai pelayanan umum. Tahun-tahun sebelumnya, ada keterwakilan pejabat, tokoh agama dan wartawan.

Tokoh agama berasal dari ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dan lainnya. Jumlahnya dua orang. Begitu pula dari wartawan, jumlahnya dua orang. Tapi tahun ini tidak ada sama sekali keterwakilan wartawan. Dari ormas Islam pun hanya satu orang.

Seperti diketahui, untuk Provinsi Riau terdapat 2.290 orang jamaah yang akan diberangkatkan dan terdapat 461 Orang sebagai cadangan beserta 12 orang Petugas Haji Daerah (PHD) dan 2 orang KBIHU calon jamaah. (FJ)