VOXRiau

Desriandi Candra Juara LKTJ Raja Ali Kelana, Raja Isyam Juara Foto Jurnalistik

Redaktur : Fendri Jaswir
Senin, 29 Mei 2023 20:25 WIB
Penyerahan tropi Raja Ali Kelana kepada pemenang LKTJ dan Lomba Foto Jurnalistik PWI Riau

TEMBILAHAN (VOXindonews) - Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau diumumkan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT kw-77 PWI Tingkat Provinsi Riau di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (27/5/2023) malam.

Desrian Candra, wartawan Riau Pos berhasil menyabet Tropi Raja Ali Kelana, lambang supremasi jurnalistik Provinsi Riau. Sedangkan Lomba Karya Foto Jurnalistik diraih oleh Raja Isyam Azwar dari Tabloid Genta.

Desriandi Candra berhasil memperoleh juara setelah menyisihkan 29 karya tulis jurnalistik lainnya yang mengikuti LKTJ Tahun 2023 ini. Juri memilih 24 karya tulis sebagai nominator terbaik. Sedangkan Raja Isyam menyingkirkan 17 karya foto jurnalistik. Juri memilih 9 nominator foto jurnalistik terbaik.

Penyerahan tropi untuk kedua jawara itu dilakukan oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, didampingi Sekretaris Anthony Harry, Bendahara Oberlin Marbun dan Ketua Dewan Juri Helmi Burman.

Selain menerima tropi bergilir, pemenang LKTJ berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 7,5 juta dan LKFJ sebesar Rp 5 juta. Sedangkan nominator memperoleh masing-masing Rp 500 ribu.

Tema LKTJ Raja Ali Kelana 2023 mengenai kelapa, khususnya di Inhil. Sebelum dilombakan, sebanyak 72 orang anggota PWI Riau dibawa ekspedisi jurnalistik ke Inhil. Mereka investigasi budidaya dan industri kelapa di Inhil, termasuk perkembangan ekonomi masyarakat setempat.

Wartawan Riau Pos Desriandi Candra, berhasil keluar sebagai juara dengan judul tulisan "Potret Perkelapaan di Indragiri Hilir, Riau: Mestika dari Tanah Sri Gemilang" .

Desriandi Candra dengan tropi Raja Ali Kelana

"Alhamdulillah. Ini benar-benar suatu Anugerah bagi saya. Tak pernah menduga dan bermimpi untuk bisa meraih Raja Ali Kelana sebagai supremasi bagi jurnalis di Riau," ujarnya.

Menurutnya, banyak kawan-kawan wartawan senior dan hebat yang ikut ambil bagian dalam LKJT Raja Ali Kelana 2023 dalam rangka HPN tingkat Provinsi Riau di Bumi Sri Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir.

Baginya bukan soal juara, tetapi yang prioritas terus mengasah kemampuan, meningkatkan kompetensi untuk terus berkarya sebagai seorang jurnalis.

Kelapa bagi masyarakat Inhil merupakan sebuah identitas. Orang mengenal Inhil dari perkebunan kelapanya. Kelapa menjadi penopang kehidupan dan ekonomi masyarakat. Ibarat mutiara yang tak ternilai. Kelapa adalah Mestika dari tanah Seri Gemilang.

Tulisan ini diharapkan menjadi bagian sumbangsih dirinya, bagi daerah yang merupakan tempat tugasnya sebagai wartawan Riau Pos tahun 2001 lalu.

"Terimakasih atas dukungan CEO Riau Pos Ahmad Dardiri, manajemen Riau Pos, redaksi yang selalu memberikan ruang bagi karyawan, para wartawannya untuk terus berkarya. Teristimewa buat isteri dan anak-anak yang terus mendokan. Terimakasih buat semuanya, PWI Riau," kata Desriandi Candra. (FJ)