VOXInhu

Caleg Asal Inhu Bikin Sejarah di Pemilu 2024, Ini Harapan Masyarakat

Redaktur : Yuhanis Indra
Senin, 04 Maret 2024 15:21 WIB
Proses Pemilu 2024 di salah satu TPS di Pasir Penyu, Inhu

AIRMOLEK (VOXindonews) - Wakil dari Indragiri Hulu pada Pemilu 2024 membuat sejarah. Hampir seluruh wakil Inhu mulai dari DPRD provinsi, DPR RI dan DPD menduduki untuk sementara jabatan ini.

Perhitungan sementara untuk DPRD Provinsi Riau ada enam wakil dari warga Inhu. Dodi Nefeldi SPBU (PDIP), Ade Agus Hartanto (PKB), Daniel Eka Perdana (Nasdem), Manahara Napitupulu (Demokrat), Dodi Irawan (PAN), dan Rizalmi (PKS). Perwakilan DPR Pusat  Yulisman (Golkar) dan KH M Mursyid  perwakilan DPD dari Riau.

Khusus untuk PKS selama berkiprah di Inhu Kuansing baru pemilu 2024 ini wakilnya duduk di DPRD Provinsi.  Selama ini perjuangan untuk ke provinsi selalu kandas. Sangat sulit mengalahkan partai besar dan juga mengambil suara di Kabupaten Kuansing.

Kalau ini tidak berubah lagi maka sejarah baru PKS dari Inhu untuk mewakili di provinsi. 

Memang dari pemilihan Bupati Inhu dulu , Rizalmi sudah dikenal oleh masyarakat Inhu. Ini merupakan modal bagi PKS untuk mengusung Rizalmi jadi wakil Inhu di Provinsi.

Begitu juga dengan Yulisman dan KH M Mursyid untuk sementara jadi wakil Inhu di pusat. Semoga mereka berdua tidak lagi berubah suaranya sambil menunggu pengumuman resmi dari KPU.

Adanya wakil Inhu ini merupakan anugerah besar bagi daerah. Selama ini jauh tertinggal diberbagai sektor pembangunan. Apalagi infrastruktur jalan dan pemerataan pembangunan.

Dibandingkan dengan Kuansing yang merupakan pemekaran Inhu , daerah Inhu jauh tertinggal.

R Heri Sarlong kepada VOXindonews mengatakan ini merupakan kejutan luar biasa . Selama ini untuk wakil provinsi saja Inhu kalah dengan wakil dari Kuansing. Apalagi sekarang ada putra Inhu asal Airmolek yang duduk di DPR Pusat.

Sudah saatnya, kata Heri, pemda Inhu harus bekerja sama dengan wakil dari warganya. Sehingga pembangunan di Inhu semakin maju.

Apalagi KH M Mursyid meski bukan warga Inhu. Tapi sudah berkhidmat membantu pendidikan di Inhu dengan Pesantren Khairul Ummah. Bahkan pesantren ini telah membuka cabang di Inhil, Pekanbaru, dan Dumai.

"Kita harap pak kiyai bisa meningkatkan pendidikan dan keagamaan di Inhu. Bukan hanya pesantren tapi juga sekolah umum dan swasta," harap R Heri pensiunan dinas perikanan Inhu.

Jhoni Afrizal, Lurah Tanjung Gading sangat bangga wakil Inhu menduduki wakil dari provinsi hingga pusat.  Diharapkan para wakil ini membantu pembangunan di Inhu yang masih tertinggal. Terutama infrastruktur jalan jadi prioritas utama.

Jalan jalan provinsi dan kabupaten di Inhu banyak yang rusak parah. Ini harus jadi perhatian utama wakil  rakyat. Bagaimana mereka bersinergi dengan pemda Inhu.

Begitu juga pembangunan pasar, kantor pemerintah, puskesmas dan sekolah harus jadi perhatian. Sehingga keadilan dirasakan oleh warga Inhu khususnya dan juga perwakilan dari daerah lainnya. (YHN).